Edisi 11-02-2019
Mitsubishi Fuso Buka Dealer Eksklusif di Medan


PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) baru saja meluncurkan Fighter. Guna memastikan pemasaran medium duty truck (MDT) tersebut, KTB menambah jaringan penjualannya dengan meresmikan dealer baru di Medan, Sumatera Utara, PT Dipo Internasional Pahala Otomotif, Kamis (7/2).

Dealer Mitsubishi Fuso yang ke-230 ini berlokasi di Jalan Krakatau Unjung No236-236 A, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan. Peresmian dilakukan Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Atsushi Kurita bersama Direktur Utama PT Dipo Internasional Pahala Otomotif Tonny Chandra. Duljatmono, Marketing and Sales Director PT KTB, mengatakan pembukaan dealer representatif ini merupakan langkah penting KTB untuk memasarkan MDT terbarunya, Fighter, yang baru saja diluncurkan secara nasional pada Januari 2019 lalu. Ditambah rencana KTB untuk memperluas penguasaan pasar di Sumatera Utara.

“Tahun lalu kami telah mencapai pangsa pasar sebesar 69% di area Sumatera Utara. Colt Diesel memimpin dengan pangsa pasar 78,2%. Sementara di segmen medium duty truck , Mitsubishi Fuso meraih pangsa pasar 45,8%. Melihat pertumbuhan berkelanjutan sektor perkebunan di area Sumatera Utara, kami percaya bahwa area ini memiliki potensi besar,” ujarnya. Dibangun di atas tanah seluas 4.960 m2 dengan luas bangunan 1.295 m2, dealer ini merupakan dealer eksklusif Fuso pertama di Indonesia. Fasilitas telah dilengkapi dengan layanan 3S (sales, service, spare parts ) yang didesain dengan konsep yang sangat nyaman bagi para konsumen.

Di area bengkel, dealer ini memiliki fasilitas 4 stall besar yang menangani perbaikan dan perawatan kendaraan hingga 20 unit per harinya. Untuk menjamin ketersediaan suku cadang, dealer menyediakan suku cadang untuk memenuhi kebutuhan suku cadang di bengkel dan umum. Dealer ini juga dilengkapi dengan layanan mobile workshop service (MWS) yang disiapkan untuk menjangkau konsumen yang membutuhkan layanan service di tempat. Duljatmono mengatakan, konsep dealer eksklusif ini memang belum pernah dibuat KTB sebelumnya.

Kebanyakan dealer yang dibangun KTB selain menjual truk juga masih memasarkan produk light commercial vehicle (LCV) dari saudara mereka, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), seperti Mitsubishi Triton dan Mitsubishi L300. “Eksklusif itu berkaitan dengan pelayannya yang hanya untuk kendaraan truk. 230 unit dealer itu ada sebagian yang kombinasi. Karena kami jual juga LCV (light commercial vehicle ). LCV itu produk dari MMKSI (PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia). Jadi, sebelum KTB dan MMKSI itu pisah, dealernya itu begitu (menyatu).

Jadi, dalam satu kompleks, beberapa dealernya mayoritas kombinasi, bukan eksklusif. Baru sekarang kami eksklusif hanya (menjual dan servis) truk,” sebut pria yang akrab disapa Momon itu.

Wahyu sibarani