Edisi 11-02-2019
Butuh Dukungan Orang Tua


DRS Hendra Jamal MSi, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, mengatakan, orang tua berperan penting dalam mempersiapkan anak unggul Indonesia.

“Pola pengasuhan yang diterapkan orang tua tentu akan berdampak pada pembentukan karakter si kecil,” katanya dalam acara Dancow Advanced Excelnutri+. Keterlibatan orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi dan bimbingan serta menanamkan nilai positif kepada si kecil diharapkan akan membantu terbentuknya generasi Indonesia yang dapat berkontribusi bagi kelangsungan bangsa dan negara pada masa depan. Adapun untuk menjadi anak unggul Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkarakter, ada lima karakter penting yang perlu dikembangkan orang tua kepada si kecil sejak usia dini. Pertama, berani.

Eksplorasi merupakan salah satu cara si kecil berinteraksi dengan lingkungan sehingga rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik. “Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya, ” beber Ratih Ibrahim, psikolog klinis. Kedua, cerdas. Melalui eksplorasi yang tepat sesuai tahap perkembangannya, aspek kognitif si kecil dapat terstimulasi. Ketiga, kreatif, ketika terpapar berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi dan kreativitas si kecil dapat berkembang dengan baik. Keempat, peduli.

Melalui aktivitas bersama teman lain atau orang dewasa, si kecil belajar berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, serta meningkatkan toleransinya. Kelima, pemimpin. Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk si kecil memiliki kemandirian yang baik.

(sri noviarni)