Edisi 11-02-2019
Fakta Menarik Seputar Vitamin


VITAMINBsaat ini terdiri dari tujuh macam jenis; B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12, dan termasuk golongan B kompleks. Menurut Rachel Olsen, vitamin B sangat penting untuk metabolisme sehari-hari.

“Kalau metabolisme terganggu, bisa mengakibatkan terganggunya sistem tubuh yang lain,” ujar Nutrition Specialist Youvit ini. Maka itu, Rachel menyarankan agar setiap hari kita memenuhi kebutuhan vitamin melalui makanan. Ada beberapa pilihan yang bisa didapat, antara lain lewat konsumsi sayur dan buahbuahan. Jenis makanan ini termasuk sumber vitamin B yang sangat bagus untuk tubuh. Kebanyakan sayuran mengandung vitamin B kompleks yang terdiri dari B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Untuk memenuhi kebutuhan seharihari, kita bisa mencoba mengonsumsi secara rutin sayur maupun buah, seperti brokoli, jagung, sawi, kembang kol, kale, alpukat, apel, melon, dan pisang.

Vitamin B juga terdapat pada daging dan olahan hewani. Seperti halnya kategori makanan sebelumnya, bahan makanan ini juga bisa memberikan asupan vitamin B kompleks untuk tubuh. Contohnya daging sapi, dada ayam, salmon, susu sapi, dan telur. “Tetapi perlu diingat, makanan ini mengandung juga lemak jenuh yang tinggi. Jadi, kalau bisa konsumsinya sebaiknya hanya seperempat piring per hari,” kata Rachel. Kacang-kacangan juga merupakan sumber vitamin B. Untuk bahan makanan ini, kandungan vitamin B kompleksnya juga sangat sesuai dikonsumsi setiap hari. Contohnya almond, kacang tanah, dan kacang mete.

“Walaupun kita sudah makan sayur, buah, daging, tetapi kalau cara masaknya kurang benar seperti digoreng atau direbus terlalu lama, vitamin B-nya juga akhirnya tidak bisa didapatkan tubuh secara maksimal,” ungkapnya. Lebih jauh, vitamin B1, B3, dan B12 mampu membantu pembentukan energi bagi anak untuk menjalankan segala aktivitas di sekolah dan luar sekolah. Sementara zat besi merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk membantu perkembangan kemampuan berpikirnya.

Tanpa vitamin B, kerja sama saluran pencernaan menjadi terhambat sehingga proses karbohidrat yang masuk ke tubuh tidak bisa dicerna dengan baik.

Sri noviarni