Edisi 12-02-2019
Perempuan Dominasi Grammy Awards


LOS ANGELES – Para musisi perempuan mendominasi penghargaan Grammy Awards tahun ini. Dua Lipa memenangkan nominasi artis baru, sedangkan Kacey Musgraves meraih penghargaan album of the year pertama wanita dalam Grammy Awards .

Musgraves mendapat empat peng hargaan secara total untuk al - bum ketiganya, Golden Hour. Dia pun mendedikasikan penghargaan itu buat sang suami. Musgraves mengaku sedang jatuh cinta saat album itu direkam. Sementara itu, Dua Lipa mengaku sa ngat grogi dan bersyukur karena mene rima penghargaan tersebut. Penghargaan yang diraihnya me ru pakan salah satu paling fenomenal da lam gelaran malam itu. Dua Lipa mengungkapkan bah wa penghargaan dalam kategori yang diperebutkan di Grammy ini dia persembahkan kepada para seniman wanita. “Saya ya kin tahun ini kami benar-benar bangkit,” tutur Dua Lipa saat m e nerima peng har gaan tersebut, dilansir BBC.

Masuknya namanya dalam kategori artis baru di tengah banyaknya musisi wanita yang dinominasikan, bagi Dua Lipa , ada lah perubahan besar. “Hal ini mengubah apa yang ingin kita lihat selama beberapa tahun mendatang. Ini perbedaan be sar dari tahun sebelumnya. Ini terasa tepat karena sangat ba nyak artis di sana yang saya cin tai dan kagumi.” Komentar Dua Lipa itu menjadi jawaban bagi Presiden Grammy Neil Portnow, yang tahun lalu mengkritik ku rangnya para pemenang wanita dan me nya takan mereka perlu bang - kit untuk dapat diper tim bang - kan dalam penghargaan ber - geng si tersebut. Portnow tampil dalam acara Grammy kali ini untuk me min - ta maaf atas ucapannya ter sebut.

“Tahun lalu saya telah meng ingatkan untuk datang lang - sung dengan isu yang membuka mata Anda cukup lebar untuk membuat Anda lebih ber ko mit - men membawa perubahan,” papar Portnow. Acara Grammy tahun ini juga digelar untuk men cip takan perubahan, dengan peng - har gaan pencapaian seumur hidup buat Dolly Parton dan Diana Ross, serta sejumlah pe - nam pil an wanita sepanjang malam. Rapper Brooklyn Cardi B menjadi wanita solo pertama yang menang dalam album rap terbaik, untuk debutnya dalam Invasion of Privacy. Ditemani suaminya, Offset, Cardi ber te - rima kasih kepada putrinya, Kulture Kiari, karena mem be ri - nya dorongan untuk me nye - lesaikan rekaman itu tepat wak - tu.

“Saat saya tahu saya hamil, album saya belum selesai. Saya harus menyelesaikan album ini sehingga kami dapat merekam video saat saya tidak tampil,” kata Cardi. Di belakang panggung, Cardi mengatakan bahwa dia berbagi penghargaan itu de ngan rapper Mac Miller yang ke luar ganya hadir dalam acara penghargaan tersebut. Sementara itu, Lady Gaga meraih tiga penghargaan, termasuk penampilan pop terbaik untuk Joanne dan duet pop terbaik untuk Shallow, dari film nominasi Oscar, A Star Is Born. Sambil meneteskan air mata, Gaga berterima kasih kepada Bradley Cooper, co-star dan su tra dara yang tidak hadir di Grammy, untuk tampil di The Baftas, London.

Gaga juga mengatakan dalam pidatonya untuk menyoroti pesan kesehatan mental dalam film tersebut, dengan me ngung kapkan, “Jika melihat se seorang yang terluka seperti itu, Anda jangan mengabaikan.” Ariana Grande yang tidak jadi tampil dalam acara itu ka - rena berselisih dengan pihak penyelenggara, menerima peng hargaan album pop terbaik untuk Sweetener , penghargaan pertamanya dalam Grammy Award. “Ini luar biasa dan cantik. Terima kasih banyak,” tweet Grande saat peng umum an Grammy. Adapun Emily Lazar yang bekerja untuk album Beck’s Co - lors, menjadi wanita pertama da lam sejarah Grammy dengan memenangkan album rekayasa terbaik.

Kejutan Michelle Obama

Ibu Negara Amerika Serikat (AS) ke-44 Michelle Obama tampil secara mengejutkan da - lam acara itu. Dia berpidato tentang kekuatan musik untuk menyatukan, bersama Lady Gaga, Jada Pinkett-Smith, Jennifer Lopez, dan Alicia Keys. “Baik suka country maupun rap atau rock, musik membantu kita berbagi diri kita, martabat kita, kesedihan kita, harapan dan kegembiraan kita. Ini mem - buat kita mendengar orang lain, mengundang orang lain masuk,” tutur Michelle. Diana Ross juga berbicara tentang kekuatan musik saat dia menampilkan karyanya, be - berapa pekan sebelum dia ber - usia 75 tahun.

“Saat kecil, saya pikir bernyanyi membuat saya bahagia, itu membuat orang tua saya bahagia, dan itu membawa hingga hari ini, dan ini mem - bawa saya kegem bira an,” tutur Ross. Dalam usia 85 tahun, bintang country Willie Nelson me menangkan album vokal pop tradisional terbaik untuk My Way. Quincy Jones yang juga berusia delapan puluhan tahun, pun meraih penghargaan untuk kategori film musik terbaik dalam film Netflix. Meski de mikian, Quincy Jones dan Willie Nelson bukan penerima penghargaan Grammy tertua. Pemenang Grammy tertua masih diraih Pinetop Perkins pada 2011 saat dia berusia 97 tahun untuk album blues tradisional terbaik.

BTS Ramaikan Grammy

Boyband asal Korea selatan (Korsel) BTS menorehkan se ja - rah sebagai musisi asal Negeri Ginseng pertama yang hadir dalam Grammy Awards di Sta - ples Center, Los Angeles, kema - rin. “Tumbuh besar di Korsel, kita selalu bermimpi berada di panggung Grammy,” kata RM, pemimpin BTS. Dia juga me ngucapkan terima kasih kepada seluruh penggemar yang men - jadikan mimpi mereka menjadi kenyataan. “Kita akan kembali,” tuturnya.

Para anggota BTS me nge nakan setelah jas karya desainer Kor sel. JayBaek Couture membuat setelan jas bagi V, Jungkook, Jin, Jimin, Suga, dan RM. Sedangkan J-Hope menge nakan setelan jas dari desainer Kim Seo-ryong yang terkenal da lam Seoul Fashion Week .

Andika hendra