Edisi 12-02-2019
MNC Peduli Gelar Trauma Healing di Banten


PANDEGLANG – Bencana tsunami yang melanda Kabupaten Pandeglang, Banten pada akhir 2018 masih menyisakan duka.

Banyak anak-anak yang kehilangan anggota keluarganya mengalami gangguan psi ko logis baik anak-anak yang ter kena dampak langsung mau pun tidak langsung dari tsu nami. Melihat kondisi tersebut, MNC Peduli berinisiatif me nye - lenggarakan kegiatan Trau ma Healing Camp untuk meng atasi stres pascatrauma kepada anakanak, bekerja sama de ngan rel a - wan yang di koor di nasikan Laz Harfa dan guru-guru SDN Teluk 3 yang se be lumnya telah dilatih secara khusus oleh MNC Peduli. Direktur Laz Harfa Indah Prihanande menyambut baik Trauma Healing Camp karena kegiatan ini sangat tepat dengan kebutuhan anak-anak se tem - pat.

“Ketika bencana ter jadi, hal men dasar dan yang pa ling trauma adalah anak-anak. Saat MNC Peduli meminta kami sup port kegiatan ini, kami sa ngat men - du kung MNC Pe duli,” ujar Indah di Banten beberapa waktu lalu. Berlangsung selama lima hari sejak 4–8 Februari lalu, kegiatan ini melibatkan 150 anak ter dam - pak bencana de ngan usia be r - kisar 6–11 tahun. Trauma hea - ling didukung te na ga profesional dan relawan de ngan metode pe - mulihan trau ma dalam bentuk bermain dan suasana me nye - nangkan guna mengalihkan fo - kus anak dari ingatan situasi saat terjadinya bencana.

Ketua III MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, MNC Peduli memberikan va - riasi kegiatan yang me nyenang - kan seperti bercerita, bermain, menggambar, membuat ke ra - jinan tangan, dan kegiatan po - sitif lainnya. Kali ini MNC Pe - duli mengadakan camp selama seminggu dengan banyak per - mainan dan cerita untuk mem - bantu, memberikan harapan, kepercayaan diri, dan motivasi dalam diri anak-anak. “Ha ra - pannya tentu secara psikologis anak-anak yang terkena dam - pak bencana dapat pulih dari trauma agar cepat bangkit dan kembali normal,” ujar Jessica.

Melalui Trauma Healing Camp, MNC Peduli mengajak anak-anak mengikuti bermacam kegiatan yang ditampilkan deng - an harapan agar kondisi mental mereka pulih dan stabil kembali sehingga meringankan trauma yang mereka alami.

Teguh mahardika