Edisi 12-02-2019
Penjualan E-Commerce Naik 70% Selama Imlek


JAKARTA – Perayaan Tahun Baru Imlek 2019 mendatangkan berkah bagi industri belanja online atau e-commerce di Indonesia.

ShopBack, aggregator dari lebih dari 200 e-commerce di Indonesia, mencatat pertum - buhan volume transaksi hingga 70% dibanding rata-rata tran - saksi harian saat perayaan Im - lek. Angka ini naik sekitar 10- 15% dibandingkan volume tran saksi tahun lalu hanya se - kitar 55-60%. Country Head of ShopBack Indonesia Indra Yonathan me - ngatakan, pola konsumsi ma - syarakat Indonesia yang mulai merambah dunia digital dan online menjadi faktor pening - kat an volume pemesanan ecommerce . “Tidak hanya volume pe mesanan yang meningkat ta - hun ini, rata-rata belanja ma - syarakat Indonesia saat Imlek tahun ini juga turut me ning - kat,” ujar Yonathan di Jakarta, kemarin.

Berdasarkan data Shop - Back, rata-rata belanja di plat - form e-commerce pada Imlek ta - hun ini sekitar Rp746 ribu atau naik 50% dari tahun sebe lum - nya hanya sekitar Rp480 ribu. Yonathan menambahkan, pe - ningkatan volume ini juga tidak lepas dari beragam kegiatan pro mosi potongan harga serta cashback yang diberikan plat - form e-commerce menjelang perayaan Imlek 2019. “Selain pro mo Imlek, beberapa e-com - merce juga ada yang memberi - kan program promo gajian atau festival belanja online pada tang gal cantik. Tren festival be - lanja pada tanggal cantik ini pun akan semakin semarak lagi ta - hun 2019,” ujarnya.

Volume pemesanan di Shop - Back sudah menunjukkan ke - naikan dari dua pekan menje - lang perayaan Imlek dan pun - caknya terjadi pada seminggu menjelang. Data ini pun senada dengan hasil survei yang di lakukan ShopBack pada Febru ari 2018 terhadap lebih dari 1.100 res - ponden di lima kota di Indo - nesia. Karena 40,1% res pon den mengaku telah mem beli per - lengkapan Imlek tujuh hari men jelang perayaan ber lang - sung. Sebanyak 24% mulai mem beli perlengkapan dua pe - kan sebelum dan 16,4% sebulan sebelum.

Hafid fuad