Edisi 12-02-2019
Asetku Targetkan Salurkan Dana Pinjaman Rp500 M


JAKARTA – Perusahaan teknologi keuangan atau financial technology (fintech) peer to peer lending (P2P) PT Pintar Indonesia Digital (Asetku) berupaya berkontribusi dan mendu kung program pemerintah dalam mencapai inklusi keuangan sebesar 75% pada 2019.

Direktur Asetku Andrisyah Tauladan mengatakan, Asetku diperkenalkan sebagai per usaha an fintech peer to peer lending (P2PL) yang telah terdaftar dan diawasi langsung Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perse ro an ya - kin mampu mem be ri kan pengembalian dana pokok beserta return kepada pemberi pin jaman melalui aplikasi de ngan pro ses cepat dan mudah. “Setiap pendanaan di Aset - ku menggunakan fixed return rate sehingga pemberi pin jaman bisa melihat return rate pasti, estimasi jumlah pe ngem - balian beserta besaran return, dan jelas waktu kem ba linya,” kata Andri pada kon fe rensi pers Asetku #JelasBer kem bang di Ritz Carlton Pa ci fic Place, Ja - karta, kemarin.

Menurutnya, tenor yang di - tawarkan fintech Asetku beragam mulai dari paling sing kat 15 hari sampai dengan tenor terlama saat ini selama 30 hari. “Mulai dari Rp2 juta, pemberi pinjaman sudah bisa men da pat - kan return dengan memin jam - kan dananya ke pa da pe min jam berkualitas,” ka tanya. Selain itu, Asetku juga turut menggandeng pinjaman uang secara online, yakni Akulaku sebagai partner eksklusif pe nye - dia peminjam berkualitas. Me - nu rut Andri, hanya pe min jam Akulaku memiliki grade ‘Sa ngat Baik’ dengan tenor ter tentu yang didanai.

“Pe nen tuan grade ini dilihat dari credit his tory, fre - kuensi pinjaman, dan juga ke tepatan pem ba yar an,” katanya. Andri menambahkan, mes - kipun peminjam telah me m iliki grade ‘Sangat Baik’, Aset ku me - lakukan double check ing untuk memastikan kua litas para pe - minjam. Mes kipun Asetku ha - nya pemain baru dalam dunia fin tech, tapi sejauh ini jumlah non-per for ming loan (NPL) perusahaan masih terbilang rendah atau ber ada di angka 0,00%. Hingga kini jumlah pen da - naan yang berhasil disalurkan ke pada peminjam sudah lebih dari Rp200 miliar. Asetku menargetkan pada kuartal II/2019 penyaluran dana ke pa da pe - minjam mencapai Rp500 miliar setiap bulannya.

Sebagai bentuk komitmen dalam membangun dan mem - per kuat ekosistem keuangan, Asetku akan menggelar sosia li - sasi di 12 kota di Indonesia yang akan diawali di Medan, Sura - baya, Jakarta, dan kota-kota lain. Sosialisasi ini berupa ke - giat an edukasi untuk me ning - katkan pengetahuan ma sya - rakat akan fintech, ke ung gulan, serta hal-hal perlu di per hatikan dalam peng gu naan fintech se - suai dengan per syaratan OJK da lam me meratakan inklusi ke - uangan Indonesia.

Heru febrianto