Edisi 12-02-2019
Bank DKI Dorong Inklusi Keuangan di Kepulauan Seribu


JAKARTA – Bank DKI memperluas akses layanan produk dan jasa perbankan di wilayah Kepulauan Seribu.

Perluasan ini diharapkan bisa men do rong inklusi keuangan di dae rah tersebut. Corporate Secretary Bank DKI Herry Djufraini mengata - kan, penerapan inklusi ke - uang an ini akan dilakukan de - ngan meningkatkan berbagai ma cam akses produk dan la - yanan berbasis perbankan di gi - tal di Ke pulauan Seribu. Sa lah satu nya program Laku Pan dai dan penyaluran pembiaya an ke pa da pelaku usaha di wi layah itu. Dia menjelaskan, program Laku Pandai bertujuan menye - diakan produk-produk ke uang - an sederhana, mudah di pa - hami, dan sesuai dengan ke bu - tuhan masyarakat yang be lum bisa menjangkau layanan ke - uangan.

Selain itu, program ini juga dimaksudkan untuk me lan - carkan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga men do rong pertumbuhan ekono mi dan pemerataan pembangunan. “Saat ini Bank DKI telah melakukan akuisisi agen Laku Pan dai, namun tentu jumlah nya ma sih harus ditingkatkan lagi,” ujar Herry dalam siaran pers nya, kemarin. Menurut Herry, dengan ada nya agen Laku Pandai ini, warga Kepulauan Seribu akan se ma kin banyak dimudahkan dalam me lakukan transaksi per ban k an dengan Bank DKI. “Nasabah bisa melakukan pembukaan rekening ataupun peng ambilan uang tunai ke - pada agen Laku Pandai yang te - lah bekerja sama dengan Bank DKI,” kata nya.

Herry menyebutkan, Bank DKI akan memprioritaskan menggandeng merchant-mer - chant JakOne Mobile yang be - kerja sama dengan Bank DKI un tuk menjadi agen Laku Pan - dai di wilayah Kepulauan Seri - bu. “Jadi merchant-mer chant yang kebanyakan meru pa kan UMKM bukan cuma bisa me - ne rima pembayaran de ngan QR Code saja, tetapi juga bisa men dapatkan sharing fee dari tran saksi perbankan yang di - layani kepada warga Kepulau - an Seri bu,” kata Herry. Bank DKI juga siap mem - bantu permodalan para pelaku usaha yang ada di wilayah Ke - pulauan Seribu melalui penya - luran pembiayaan, tentu de - ngan tetap mengedepankan prinsip prudential banking dan kehati-hatian.

Sekadar informasi, Bank DKI memiliki satu kantor per manen di Pulau Pramuka dan 11 mesin ATM Bank DKI, dan 69 mesin EDC Bank DKI di wilayah ke pu - lauan seribu. Ada pun 11 ATM Bank DKI ter sebut ter sebar di Pulau Harap an se banyak dua unit, Pulau Pra muka dua unit, Pu lau Ke lapa dua unit, Pulau Ti - dung dua unit, Pulau Panggang sa tu unit, Pulau Pari satu unit, dan Pulau Untung Jawa satu unit. “Ini merupakan komitmen Bank DKI mendukung gerakan less cash society di seluruh wila - yah Jakarta, termasuk di Ke - pulauan Seribu,” ujar Herry.

Rakhmat baihaqi