Edisi 12-02-2019
Bukopin Tawarkan Layanan Flexy Bill


JAKARTA - PT Bank Bukopin Tbk (Bank Bukopin) menawarkan layanan Flexy Bill sebagai solusi pembiayaan pembayaran tagihan listrik untuk pelaku industri perhotelan dan res toran di Tanah Air.

Flexy Bill me rupakan ske - ma fasilitas ta lang an yang diberikan Bank Bu ko pin kepada para pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN untuk pembayaran tagihan listrik kepada PLN. Direktur Utama Bank Bu - ko pin Eko Rachmansyah Gin - do me ngatakan, skema pem - bia ya an Flexy Bill ini diha - rapkan dapat membantu pe - laku usaha, ter ma suk industri perhotelan untuk mengelola arus kas de ngan lebih baik. “Bagi sebagian industri, ter - utama sektor ma nu faktur dan per hotelan, kewa jib an mem ba yar tagihan listrik merupakan pos anggaran bu - lan an yang harus dipriori tas - kan karena hal itu terkait lang sung dengan kelang - sungan ope rasi perusahaan,” ujar nya di Jakarta kemarin.

Fasilitas Flexy Bill dapat di berikan dengan beberapa ke ten tuan antara lain adalah ada nya perjanjian kerja sama (PKS) anta ra Bank Bukopin dan pihak PLN dan nasabah, margin depo sit 20-30% dari tagihan listrik, debitur me - rupakan pemilik lo kasi usaha, serta tenor talangan mak - simal enam bulan. Dia me - maparkan, baik PLN mau pun para nasabah nantinya akan mendapatkan banyak man - faat dari Flexy Bill, pihak PLN dalam hal ini akan men da - patkan kepastian pemba yar - an, dengan begitu KPI collec - tion PLN akan menjadi lebih baik. Dari sisi nasabah, keun - tung an yang diperoleh adalah mem bantu perputaran uang peru sa haan yang dapat di - gunakan un tuk keperluan produktif pe ru sahaan lain - nya.

Fasilitas Flexy Bill di be - rikan dalam bentuk non-cash loan. dengan jangka waktu fasilitas yang akan diten - tukan sesuai dengan hasil analisis Bank Bukopin. Bagi Bank Bukopin, sam - bung dia, penyediaan fasilitas Flexy Bill diharapkan akan dapat meningkatkan loyalitas nasabah sekaligus mem be - rikan solusi keuangan yang tepat bagi pelaku usaha. Selain Flexy Bill, Bank Bu kopin juga menawarkan L/C (letter of credit) atau SKBDN (surat kredit berdokumen dalam negeri) kepada para pengusaha properti.

“Fasilitas SKBDN diharapkan da - pat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis perhotelan dan res - toran dalam menjalankan bis - nisnya,” ungkap dia.

Kunthi fahmar sandy