Edisi 12-02-2019
Fintech Tokomodal Bantu 2.600 Mitra Usaha


BANDUNG - F inancial technol ogy (fintech ) PT Toko Modal Mitra Usaha (Tokomodal) pe ru sahaan peer-to-peer lending mem bantu 2.600 usaha toko kelontong di Jawa Barat me ngem bang kan usahanya.

Se ba nyak 2.600 usaha tersebut me rupa kan binaan Alfamikro atau yang di sebut Outlet Bina an Alfa (OBA). Co-Founder Fintech Toko - mo dal Chris Antonius menga ta - kan, sejak pertama kali dilun - curkan pada Agustus 2018 sam - pai Januari 2019 sudah lebih dari 8.300 OBA yang ter sebar di lebih dari 50 kota (22 provinsi) telah me manfaatkan aplikasi ini. ”Ka - mi ingin mem bantu OBA untuk menda pat kan keuntungan lebih banyak dan stok yang banyak juga,” ucap Chris dalam siaran pers nya kemarin. Menurut dia, saat ini ba - nyak OBA yang sulit mengem - bang kan usahanya karena mo - dal nya terbatas.

Kehadiran fintech Tokomodal ini untuk membantu masalah tersebut. OBA bisa menggunakan fasi li - tas fintech Tokomodal untuk da patkan pendanaan yang mu - dah, cepat, dan aman. Chris menjelaskan, fintech Tokomodal menargetkan ta - hun ini bisa meningkatkan jum lah pembiayaan kepada usaha kecil. Salah satu caranya dengan memberikan bunga 0% selama 7 hari. “Saat ini ratarata OBA yang menggunakan fasilitas pembiayaan fintech To ko modal bisa mengem ba li - kan pinjamannya tidak sampai tu juh hari,” jelasnya. Bahkan ada yang bisa mengembalikan dalam dua hari. OBA yang ingin membayar juga cukup mudah, tinggal datang ke Alfamart atau dititipkan ke member rela - tion officer (MRO) Alfamikro.

Direktur Utama Fintech To - komodal Muhamad Aidil Fathany mengatakan, pro gram ini sangat mem per mu dah pemilik warung yang ingin memiliki pinjaman modal untuk pe - ngem bangan usaha. Sebelum ini proses transaksi di Alfa mi - kro bersifat cash on deli very (COD). “Tapi, sekarang pe mi lik warung tinggal pilih ba rang di aplikasi, lalu memilih pem ba - yar an melalui Toko mo dal, dan se lanjutnya barang di ki rim tan - pa ongkos kirim de ngan esti masi same-day service,” katanya.

Menurut Aidil, tingginya ani mo dan tingkat ke per ca ya an masyarakat terhadap fin tech Tokomodal terbukti sejak Agus - tus 2018 sampai Januari 2019 jumlah pembiayaan yang sudah disalurkan oleh pe ru sa ha an te - lah lebih dari Rp134 miliar.

Rakhmat baihaqi