Edisi 12-02-2019
Andalkan Kecepatan


JAKARTA– Persija Jakarta siap tempur menghadapi tuan rumah Newcastle Jets pada babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) sore ini.

Macan Kemayoran akan kembali mengandalkan kecepatan untuk memastikan satu langkah lebih dengan fase grup. Lawan berat sudah menanti Persija di McDonald Jones Stadium. Newcaslte Jets merupakan tim papan atas Australia dan musim lalu mengakhiri musim di posisi runner upkompetisi tertinggi Australia, A-League. Klub yang diperkuat gelandang serang tim nasional Australia Dimitrios Pestatos dan gelandang timnas Venezuela Ronald Vargas itu juga tercatat pernah menjadi jawara pada musim 2008/2009. Namun, saat ini tengah tercecer ke papan tengah liga dan bertengger di peringkat tujuh. Bahkan, pada laga terakhir hanya mampu bermain imbang 1-1 Wellington Phoenix.

Di sisi lain, Persija tengah dalam kepercayaan diri tinggi menyusul hasil kualifikasi babak pertama di mana mereka mampu menang 3-1 di kandang Home United, Stadion Jalan Besar Singapura. Apalagi tim yang mereka kalahkan notabene merupa - kan batu sandungan musim lalu di semifinal Piala AFC. Meski percaya diri bisa mengulangi hasil di Singapura, pelatih Ivan Kolev enggan jemawa. Dia menilai, Newcastle Jets adalah tim sangat bagus dan memprediksi jika laga tidak akan berjalan mudah bagi anak asuhnya mengingat mereka memainkan laga tandang.

“Newcastle memiliki banyak pemain bagus dan bermain secara tim dengan baik. Kami sangat respek dengan mereka. Besok (hari ini) tidak akan berjalan mudah, tapi kami akan berusaha memberikan yang terbaik,” kata Ivan Kolev. Pelatih asal Bulgaria ini menyatakan, menghadapi tim kuat terutama dari segi pertahanan, dirinya akan memaksimalkan sejumlah keunggulan Persija. Salah satunya kecepatan dari sektor sayap duo wingerRiko Simanjuntak dan Novri Setiawan. Keduanya diharapkan kembali menunjukkan performa seperti ketika menghadapi Home United. Kolev sendiri diprediksi akan kembali menurunkan duet striker Marko Simic dan Alberto Goncalves yang masing-masing menyumbang satu gol pada laga sebelumnya.

Sementara itu, pemain pinjaman Jaimerson Xavier dipastikan absen lantaran belum mengantongi Kartu Izin Tinggal Sementara sebagai syarat membela Persija. “Alasan saya datang ke Persija karena tim ini merupakan juara liga. Ditambah lagi pelatih sebelumnya pindah dan saya tertantang menggantikannya. Saya usahakan terbaik di sini terutama di LCA dan berusaha melewati pencapaian tahun lalu,” ujarnya. Bek Persija Ryuji Utomo menyatakan seluruh pemain sudah siap menghadapi Newcastle Jets.

Menurutnya, kondisi tim sangat kondusif dan termotivasi untuk memberikan hasil terbaik karena mereka membawa nama Indonesia di LCA. “Kami datang sangat jauh dari Jakarta dan kami akan lakukan terbaik untuk mendapatkan hasil bagus di pertandingan nanti. Saya pikir, sepak bola merupakan olahraga kesukaan warga Indonesia dan itu memotivasi kami memberikan yang terbaik di laga nanti,” katanya. Sementara itu, wingerRiko Simanjuntak siap merepotkan pertahanan Newcastle Jets dengan kecepatan yang dimilikinya. Riko berharap ini menjadi keuntungan bagi lini penyerangan Persija Jakarta dalam laga nanti.

Dia mengaku sudah mendapatkan instruksi khusus dari pelatih Ivan Kolev untuk bisa membongkar lini pertahanan wakil asal Australia itu dengan kecepatannya. Alasannya, mereka kalah postur sehingga harus memaksimalkan keunggulan utama, yakni kecepatan. “Pelatih sudah bicara sedikit tentang lawan bahwa mereka punya postur bagus, tapi kita punya kecepatan. Itu harus kita maksimalkan dalam pertandingan nanti. Jadi harus yakin mampu bersaing,” katanya.

Abriandi