Edisi 12-02-2019
Uber Tambah Fitur Transportasi Umum


DIbawah kendali CEO Uber Dara Khosrowshahi, Uber melakukan perubahan besar pada layanan mereka. Selain fitur keamanan, yang terasa adalah bagaimana aplikasi tersebut terhubung ke saranaprasarana umum.

Fitur tersebut telah diuji coba di Denver. Pengguna akan mendapat fitur baru Transit . Harapannya, nantinya pengguna bisa pergi ke mana pun dengan Uber menggunakan transportasi umum. Menurut Uber, mereka ingin mencegah orang menggunakan kendaraan pribadi mereka dengan menawarkan lebih banyak pilihan transportasi, apakah itu sepeda, skuter, atau bus dan kereta api. Bukan rahasia lagi bahwa Uber ingin menjadi one ring untuk transportasi, aplikasi yang menyatukan semua mode transportasi lain. Langkah ini sebenarnya memiliki tujuan lain, yakni, meredam kritik kepada mereka. Sebab, sejak kehadiran Uber di beberapa kota besar di dunia, justru ada penurunan angka pengguna angkutan umum.

Uber dikritik memiliki efek negatif pada transportasi umum. Terlihat dari penurunan penumpang bus dan kereta bawah tanah dan meningkatnya popularitas Uber di puluhan kota. “Fitur Transit ini untuk masa depan. Ini adalah cara paling kompetitif bagi Uber,” kata Andrew Salzberg, Kepala Kebijakan dan Penelitian Transportasi Uber. Uber memiliki sejumlah moda transportasi, yakni Uber X, Uber Black, Uber Pool, kemudian sepeda dan skuter.

Danang