Edisi 12-02-2019
Qlue Disuntik Dana, Kembangkan AI


QLUE baru saja mendapat suntikan dana segar dari Venture Capital (VC) milik Telkom melalui MDI Ventures. Pendanaan dipimpin Global Digital Prima (GDP) Venture.

Dana tersebut nantinya digunakan untuk merekrut para ahli di bidang teknologi dan bisnis untuk mengembangkan produk artificial intelligence (AI) dan internet of things (IoT). Harapannya, Qlue dapat meningkatkan layanan solusi smart city yang mereka tawarkan. Suntikan dana tersebut juga menutup ronde pendanaan Series A yang sudah dimulai Qlue sejak 2017. Tidak diberitahukan berapa dana yang disuntik untuk Qlue, tetapi suntikan dana dari Telkom tersebut diharapkan akan memberikan sisi strategis sinergi dalam pemerintahan dan BUMN Indonesia.

Sejak 2016, Qlue telah menawarkan solusi kepada pemerintah dan masyarakat untuk mengidentifikasi permasalahan di lingkungan warga. Warga kota menjadi semakin mudah menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada pemerintah dengan menggunakan aplikasi smartphone. Sepanjang 2018, sebanyak 102.594 laporan disampaikan warga DKI Jakarta melalui aplikasi Qlue dengan lebih dari 82% telah ditindak lanjuti Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

(danang arradian)