Edisi 12-02-2019
Siap Bangun Mobil Terbang


CHIEF Executive Officer Uber Technologies Inc Dara Khosrowshahi mengatakan bahwa sangat mungkin Uber mencari investor untuk mengembangkan bisnis unit mobil swakemudi.

Sebelumnya Uber sudah mengalirkan sejumlah besar uang ke Advanced Technologies Group yang meliputi riset mobil selfdriving perusahaan dan rencana membangun kendaraan VTOL (vertical takeoff and landing ), yang ke depannya diharapkan bisa menjadi sebuah teknologi massal. Uber bersaing dengan Waymo, Tesla Inc dari Alphabet Inc, serta para produsen mobil tradisional dalam perlombaan untuk mengembangkan kendaraan selfdriving . Waymo meluncurkan layanan naik kendaraan otonom pertama di Phoenix, Arizona, pada Desember 2017.

Tetapi, layanan tersebut hanya tersedia untuk kelompok uji sekitar 400 orang di wilayah geografis yang terbatas. Selain itu, keselamatan manusia masih diperlukan di belakang kemudi jika mobil menghadapi situasi yang tidak dapat ditangani sistem kecerdasan buatan mereka. Meskipun investasi di industri ini besar, perusahaan yang mengembangkan teknologi selfdriving harus banyak bersabar. Sebab, ternyata keselamatan menjadi sorotan besar di mobil otonom. Melatih kom - puter dan kecer - dasan buatan untuk menangani kompleksitas kondisi jalan dan cuaca adalah tugas yang jauh lebih sulit daripada yang dibayangkan sebelumnya.

Uber memulai kembali peng - ujian mobil-mobil oto nomnya di jalan-jalan umum pada Desember 2017, setelah jeda sembilan bulan sebagai akibat dari salah satu purwa rupa mobil yang menabrak dan me - newaskan seorang pejalan kaki. Divisi ATG Uber juga menuai kontroversi, terutama setelah Uber membajak mantan karyawan Waymo, Anthony Levandowski, untuk memimpin divisi self-driving - nya. Sebab, ternyata Alphabet menuntut Uber sengaja membajak Levandowski untuk mencuri rahasia perusahaan. Levandowski akhirnya meninggalkan Uber dan mendirikan per usahaan truk swakemudi Pronto AI.

Tahun lalu Uber meng - umum kan akan membuka labo rato rium di Paris yang berfokus pada mobil terbang, yang akan menjadi pusat penelitian dan pengembangan pertama di luar AS. Khosrowshahi menga takan pada saat itu bahwa perusahaan itu tidak lagi hanya tentang mobil, tetapi juga mobilitas perkotaan. Toyota Motor Corp yang ingin menjadi yang pertama ke pasar mobil terbang meng - investasikan USD500 juta di Uber pada 2018. Uber tidak sendirian. Selusin perusahaan lain, termasuk raksasa penerbangan Airbus SE dan dua startup yang didukung pendiri Alphabet, Larry Page, bekerja untuk mengembangkan dan mengomersialkan mobil terbang.

Danang