Edisi 12-02-2019
Produseri Penyanyi Muda Bertalenta


PENYANYI Nugie mencoba melebarkan sayap karier musiknya sebagai produser dan arranger. Dia mempromosikan keponakannya, Tanita, dengan merilis single Andai Kau di Sini.

Nama Tanita bukan pertama kali didengar, namun sudah muncul saat diisukan sebagai kekasih Bastian Steel. Putra pasangan AR Djuano dan Agnes Sumarsih ini mengaku peran ganda sebagai produser musik dan arranger bagi keponakannya dimanfaatkan untuk memberikan wejangan, petuah, atau dasar fundamental yang kuat tidak sekadar ikut ikutan saja sehingga bisa langgeng menjalani karier sebagai seorang musisi.

“Saya sih nggak ikutan terlalu banyak, saya khusus mendampingi keponakan saya ini. Sekarang mau menyanyikan lagu yang awal saya nggak prediksikan, dan untuk kesibukan baru ini, biasanya bikin lagu doang. Jujur saja satu karena persaudaraan, terus juga karena lagunya. Jadi, ini keterlibatan saya pertama kali untuk memproduseri sampai jadi single,” ujar Nugie di sela-sela launching New Single Tanita Andai Kau di Sini di Sallo Innyan Kopi Pontianak, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Penyanyi kelahiran Jakarta, 31 Agustus 1971, ini mengaku banyak memberikan saran atau masukan yang berguna bagi perjalanan karier Anit, panggilan akrabnya.

“Pasti tantangan bagi orang yang mau masuk ke industri dari dulu bilang ke Anit bahwa kamu nggak perlu jadi nomor satu, tapi jadi satu-satunya akan lebih langgeng. Jujur, saya nggak pernah kasih strategi apaapa, yang penting dalam berkarya itu jujur, happy untuk diri sendiri, bonusnya kalau orang suka jadi be happy be creation dan proud if that harus dipegang setiap musisi agar karya mereka jadi nggak seragam,” ujarnya. Embot, sapaan akrab Nugue, mengungkapkan ketika mendukung keponakannya, terutama saat menuliskan lirik lagu Andai Kau di Sini , penyanyi pemilik nama lengkap Agustinus Gusti Nugroho ini mengaku sudah membayangkan warna musik yang akan mengiringi lagu barunya ini.

Menurut dia, warna musik Andai Kau di Sini itu ‘gue banget’, namun musik lagu tersebut berubah ketika dinyanyikan Tanita. Embot bahkan tidak mendengar musik yang ëgue bangetí tadi, baik ketika bernyanyi solo maupun kala bermusik bersama Band The Dance Company (TDC), kala lagunya dilantunkan Tanita. Tanita adalah salah satu keponakan Nugie yang juga penyanyi. “Saya senang banget Tanita menyanyikan lagu saya dengan gaya dia,” kata musisi yang memulai debut merilis album trilogi Bumi (1995), Air (1996), dan Udara (1998).

Adik penyanyi senior Andre Manika dan Katon Bagaskara ‘KLa Project’ ini meski mengikuti dari awal sampai akhir, Nugie terkejut ketika mendengarkan Tanita melantunkan lagunya. Single Andai Kau di Sini diharapkan Nugie juga bisa menjadi magnet untuk konservasi di WWF. Gaya muda Tanita tentu mempunyai daya tarik ketimbang Nugie yang membawakan lagu itu. “Awalnya lagu itu saya bangetlah. Begitu dinyanyikan Tanita dan saya minta teman-teman mendengar, mereka pada kaget, karena berubah dan me - nurut mereka, lagu Andai Kau di Sini ‘ ini bisa menjadi magnet untuk konservasi di WWF,” ungkapnya.

Thomas manggalla