Edisi 12-02-2019
Sajikan Durian Lokal Jawara Se-Banten


PROVINSI Banten merupakan wilayah penyangga ibu kota dan menjadi lintasan Pulau Jawa dan Sumatera serta luasnya wilayah perkebunan sangat diuntungkan saat musim durian tiba.

Selain masih banyaknya durian lokal, durian dari Pulau Sumatera juga selalu membanjiri Provinsi Banten. Karena itu, kedai-kedai durian tumbuh subur dan berkembang. Si Radio misalnya, kedai durian yang berada di perbatasan antara Serang-Pandeglang ini menjadi pilihan wajib dikunjungi. Ajiji, salah seorang pemilik Kedai Durian Si Radio, membagikan tips untuk memilih durian berkualitas. Pertama, dilihat dari batangnya yang segar, bodinya mulus, dan jika dicium di kulitnya juga wangi. “Untuk menjalankan tips ini harus dilatih secara terus menerus,” katanya.

Tidak hanya itu, untuk mendapatkan durian berkualitas berawal dari pohon berkualitas. Artinya, durian yang baik berawal dari bibit durian yang baik. “Yang pasti harus dari bibit yang baik,” katanya. Saat musim durian saat ini, Ajiji mengaku bisa menjual 200 buah per hari. “Jumlahnya 200 buah per hari bisa terjual,” katanya. Kedai durian diberi nama si Radio, karena Ajiji memiliki buah pohon unggulan bernama Si Radio. Cita rasanya juara, terbukti dengan sabetan gelar durian terbaik se-Provinsi Banten yang diraih pada kontes durian lokal di festival durian Banten tahun 2015. Lokasi kedai durian Si Radio masuk ke Kabupaten Pandeglang. Memang Kabupaten Pandeglang menjadi surga durian di Banten terutama durian lokal.

Beberapa jenis durian, seperti si seupah, si bintang, si koclak, si jabrig, serta si radio, memiliki cita rasa unggul dan khas. Tak heran bila kini banyak yang berusaha memperbanyak jenis durian tersebut, baik di dalam maupun luar daerah. Sementara untuk kedai Si Radio berlokasi di Jalan Raya Pandeglang, Kampung Gayam, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Teguh mahardika