Edisi 18-02-2019
PLN Luncurkan Aplikasi ListriQu


JAKARTA–PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melalui anak usahanya, PT Heleyora Power, terus berinovasi me ningkatkan layanan bagi pelanggan.

Hal itu di - wujudkan dengan meluncurkan layanan aplikasi mobile digital dengan brand ListriQu. “Tujuannya untuk mem beri kan kemudahan layanan sepu tar gangguan instalasi rumah. La yan an ListriQu di ha - rap kan men jadi inovasi dan so lusi dalam melayani per - baikan instalasi untuk me me - nuhi ke bu tuhan pe langgan,” ujar Di rek tur Utama Haleyora Power Ah mad Taufik Ha ji di Acara Pe lun curan Lis triQu di Ja karta, kemarin. Menurut dia, produk la yan - an ListriQu akan dapat men - jawab kebutuhan konsumen dalam perbaikan instalasi listrik di rumah dengan para pe - ker ja kelistrikan yang mum pu - ni di bidangnya.

Berdasarkan data PLN, laporan kerusakan ins talasi mencapai 18% dari keluhan yang masuk ke call cen - ter 123 PLN. Untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten men - ca pai 48.000 laporan per bulan. “Kebutuhan ini men - dorong Heleyora Power meng - ini siasi la yanan instalasi ber - ba sis digital sehingga masya - ra kat men da pat kan solusi atas kebutuhan terkait layanan ins - talasi listrik,” katanya. Tak hanya itu, kata dia, la - yan an ListriQu juga menyu - guh kan transparansi bagi pe - lang gan de ngan harga bisa diketahui se be lum pekerjaan di lak sa na kan. Se lain itu, apli - ka si digital ter sebut juga mem - berikan nilai yang di tawarkan, yakni ke ce pat an res pons, pe - tugas berser ti fi kasi, kua litas material de ngan stan dar SNI, dan garansi produk.

“Untuk awalnya, cakupan la yanan ini pelanggan Listri - Qu tersedia di Jakarta dan ber - tahap akan hadir di seluruh Ja - wa. Targetnya akan tersebar di seluruh Pulau Jawa hingga ak - hir 2019,” kata dia. Direktur Bisnis Regional Su lawesi PLN Syamsul Huda menyambut baik inovasi yang dilakukan Heyelora Power dan Icon Plus sebagai anak usaha PLN. Menurut dia, produk apli kasi itu merupakan ke bu - tuh an yang harus dipenuhi ba - gi pe lang gan. “Kehadiran apli - kasi mo bile berupa ListriQu akan me ningkatkan kualitas pe la yanan PLN,” kata dia.

PLN sendiri, ujarnya, tidak hanya bergerak membangun pembangkit listrik di hulu, tapi juga sampai ke hilir. Sebab itu, perlu peningkatan kualitas la - yanan tidak hanya di hulu, tapi juga harus dilakukan di hilir. “Kalau yang sudah baik di hulu, tapi tidak diimbangi di hilir, maka akan menge ce wa - kan pelanggan. Sebab itu, kami memastikan dari hulu sampai hilir kita membangun kualitas yang bagus,” kata dia. Pihaknya berharap dengan kehadiran ListriQu ini pe la - yanan PLN jauh lebih cepat dan semakin berkualitas.

“Se - lain itu, kehadiran aplikasi ini harga juga lebih transparan bah kan pekerja instalasi dapat di pantau dari aplikasi sehing - ga memudahkan konsumen,” ujarnya. Syamsul berkeyakinan ke - ha diran aplikasi itu kualitas pe layanan akan lebih baik lagi. Ber dasarkan laporan Surve - yor, tingkat kepuasan pelang - gan PLN mengalami pening - katan mulai dari tahun 2017- 2018 dari 88% meningkat menjadi 89%. “Mudah-mudahan dengan aplikasi baru ListriQu ini la - yan an PLN jauh lebih baik lagi. Masyarakat juga mudah-mu - dahan merasa terbantu karena dilayani dengan baik,” tutur - nya. Ketua Harian Yayasan Lem - baga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi meng apre - siasi kemudahan layanan yang diberikan PLN kepada p el ang - gan.

Kehadiran ListriQu diha - rap kan menjawab keluhan pe - langgan PLN. “Ini sangat bagus karena memberikan transparansi harga dan lainnya. Saya ju ga me - lihat produk layanan ini mem - punyai tingkat akun ta bilitas yang tinggi,” kata dia. Tulus mengatakan, me - mang selama ini sering terjadi ke tika konsumen mem per - baiki instalasi di rumah itu di - kerjakan oleh orang bukan di bi dangnya. Padahal listrik me - ru pakan masalah yang sebe - nar nya harus dikerjakan oleh orang mempunyai kapabilitas dan sertifikasi tinggi. “Dengan apli kasi ini yang menyediakan pe tugas sudah tersertifikasi itu bisa lebih baik lagi,” kata dia.

Namun, untuk menarik kon sumen sebaiknya PLN ti - dak hanya menyediakan apli - kasi, tapi juga memberikan in - sentif berupa promosi atau cash back bagi pelanggan se - hing ga konsumen tertarik meng gunakan aplikasi. “Ini me rupakan era digital. Saya ha rap jangan hanya ditiru ha nya sistemnya, tapi juga in - sen tifnya sehingga lebih mu - rah dan menarik konsumen,” ujar nya.

Nanangwijayanto