Edisi 20-02-2019
Delpo Tanpa Beban


DELRAY BEACH– Juan Martin del Potro siap memberikan permainan terbaik saat menghadapi petenis Jepang Yoshihito Nishioka pada babak pertama Delray Beach Terbuka 2019 di Delray Beach Tennis Center, pagi ini.

Petenis Argentina itu tampil tanpa beban di laga pertama pada ATP Tour tahun ini. Setelah memenangkan gelar ATP Masters 1000 pertamanya Maret lalu di BNP Paribas Open, posisi Del Potro naik ke peringkat 3 dunia pada Agustus lalu. Bahkan, Del Potro terus meraih prestasi mengesankan, termasuk mencapai final di Amerika Serikat Terbuka 2019 sebelum kalah 3-6, 6-7, 3-6 dari Novak Dkokovic. Sayang, Delpo—julukan Del Potro—harus mengakhiri musim 2018 dengan cepat. Pasalnya, dia mengalami cedera di Shanghai Masters, Oktober lalu.

“Saya sedang memikirkan halhal mengerikan. Saya pikir itu adalah akhir hidup saya. Saya mengalami patah tulang lutut yang tidak pernah saya duga,” kata Del Potro, dilansir atpworldtour.“Setelah hari yang buruk, saya bilang kepada dokter bahwa saya akan segera bermain tenis dan ingin tampil kompetitif,” ujarnya. Menurutnya, empat bulan merupakan waktu yang bagus untuk menjalani pemulihan cederanya. Namun, Del Potro mengakui betapa sulit bermain di turnamen besar dengan berada di peringkat tinggi dan tekanan ketika kembali turun di sebuah turnamen. Tapi, dia mengakui situasi itu pernah dialaminya pada masa lalu.

Meski ini bukan situasi yang ingin ditangani pemain mana pun, Del Potro tetap harus bersyukur bisa kembali berada di posisi lima besar dunia. Tiga tahun lalu pada pekan yang sama, peraih gelar grand slam AS Terbuka 2009 itu duduk di luar Top 1.000 di peringkat ATP, tepatnya di posisi 1.045 pekan pada 8 Februari 2016. Ketika itu, dia menjalani operasi pergelangan tangan kiri pada 24 Maret 2014, 20 Januari 2015 (ligamen) dan 18 Juni 2015 (tendon), serta operasi pergelangan tangan kanan pada 4 Mei 2010. “Saya memiliki pengalaman melakukan come back.Tapi, itu tidak baik untuk saya dan pemain lain. Saya tahu ini membutuhkan waktu dan kemudian Anda harus memiliki kepercayaan diri agar bisa merasakan tubuh dalam kondisi yang baik,” kata Del Potro.

Del Potro tidak memberikan tekanan khusus kepada dirinya di turnamen pertamanya dalam empat bulan terakhir. Sebagai gantinya, dia mencoba yang terbaik untuk menikmati permainannya nanti. Karena itu, pengoleksi 22 gelar ATP ini berharap bisa menjalani permainan dengan baik saat bertemu Nishioka di babak pertama Delrach Beach Terbuka. Petenis kelahiran Tandil, 23 September 1988, ini tahu betapa sulitnya kembali dan bermain turnamen dalam kondisi seperti ini. Tapi, dia sudah siap untuk memainkan pertandingan lagi. Namun, jika ingin melihat kembali kompetitif, Del Potro mengakui perlu sedikit waktu. Yang penting, dia sangat senang bisa bermain kembali.

“Nikmati hidup ini. Saya memiliki saat-saat sulit selama karier saya. Tapi, saya tidak pernah berharap untuk mencapai peringkat (ATP) tertinggi. Saya pernah melakukannya tahun lalu pada usia 29 tahun. Untuk tahun ini saya ingin sehat sepanjang musim dan terus mengejutkan diri saya sendiri,” tandasnya.

Raikhul amar

Berita Lainnya...