Edisi 14-03-2019
Menjamin Kerahasiaan Materi Debat


JAKARTA–Panelis, moderator, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sama-sama menjamin kerahasiaan materi debat untuk menjaga integritas dan independensi dalam menyusun soal, termasuk tidak membocorkannya.

Hal itu terungkap saat penandatanganan pakta integritas debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, kemarin. Sebelumnya KPU menetapkan 2 moderator debat, yakni Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas, serta 9 panelis.

Debat kali ini dikhususkan untuk calon wakil presiden (cawapres). Ketua KPU Arief Budiman menyatakan, pakta integritas bertujuan untuk menjaga kerahasiaan soal atau pertanyaan yang akan diajukan kepada cawapres. “Setiap tahapan pemilu dilaksanakan dengan penuh in - tegritas.

Maka pada hari ini (ke marin) kami meminta (per - wujudan integritas) kepada para panelis dan moderator se - bagaimana diatur undangundang,” katanya. Menurut dia, para panelis merupakan individu-individu yang independen dan tidak menjadi tim sukses.

Mereka berasal dari berbagai kampus dan ahli di bidangnya. “Se mo - ga amanah yang diberikan ne - gara bisa dijalankan dengan baik,” jelasnya. Arief meminta para panelis debat menyiapkan lima per ta - nya an untuk setiap tema. Ada - pun tema debat antarcawapres ini adalah pendidikan, ke se - hat an, ketenagakerjaan, dan so sial budaya.

“Saya minta kepada panelis untuk membuat lima pertanyaan untuk setiap tema,” ujarnya. Kendati demikian Arief tak ingin panelis terburu-buru menyelesaikan perumusan pertanyaan tersebut.

Dia memberikan tenggat waktu hing ga menjelang pelaksanaan debat agar tidak ada dugaan terjadi kebocoran pertanyaan. “Ya kalau mereka selesaikan sekarang, ya, maka saya tetap tidak mau diserahkan sekarang. Nan ti ada jeda waktu sekian hari.

Dikira kami ada apa-apa nanti membocorkan sana-sini. Kami enggak mau. Diserahkan nanti jelang hari pelaksanaan,” tuturnya. Komisioner KPU Wahyu Se tia wan menambahkan, pe - nan datanganan pakta in te gri - tas dilakukan untuk menjamin kerahasiaan soal debat agar para panelis dan moderator ber komitmen menjaga in te - gri tas dan independensi.

Menurut dia, setelah penandatanganan pakta integritas, kesembilan panelis mulai menyusun soal debat pilpres ketiga. Para panelis akan menyusun soal selama tiga hari hingga Jumat besok. “Hari ini (kemarin) para panelis akan mulai menyusun soal debat pilpres, sampai tiga hari ke depan,” katanya.

Menurutnya, kisi-kisi soal debat tidak akan diberikan ke - pada cawapres sebelum debat. Kedua cawapres baru menge - tahui soal debat pada hari H debat. “Untuk debat ketiga ka - mi tetap tidak akan me nyam - paikan kisi-kisi kepada para kandidat. Jadi soal ini bersifat rahasia.

Soal akan disampaikan kepada KPU pada H-1, yang oleh KPU akan dilanjut kan ke pada moderator,” te - gas nya. Koordinator pa - nelis yang juga Rek tor Universitas Di po ne - goro Yos Johan Uta - ma me nyatakan, pe - nan da ta ngan an pak - ta integritas me ru - pakan bagian dari men jaga in de pen - den si sebagai pa ne - lis.

Dia bersama kedelapan pa nelis lain - nya akan men jaga se - mua per tanyaan yang di - ajukan ke ca wa pres. “Kami berusaha se kuat te - naga meramu per ta nya an yang diarahkan dan ber usaha menjaga kerahasiaan dan in - tegritas agar pelak sa na an de - bat berlangsung fair play dan sesuai dengan ketentuan UU,” tegasnya.

Moderator debat ketiga Al - fito Deannova men gapresiasi penu gasannya se ba gai mo de - rator. Se bagai jurnalis, dia akan tetap bersikap ob jektif dan men jun jung tinggi in de - pen densinya. “Wartawan yang berguna adalah war ta wan yang in de pen den objektif dan ber imbang.

Itu yang akan kami pegang ko mi tmennya,” ucap dia. Putri Ayunigntyas juga akan berusaha men jadi moderator sebaik mung kin sehingga masyarakat bisa melihat apa visi misi yang ada pada para kandidat wakil pre siden.

“Karena bagaimanapun dua kandidat ini putra terbaik Indonesia yang akan jadi RI2 jadi harus bisa maksimal sudut pandangnya, pola pi kir - nya. Tanya jawabnya bisa di - eks plo rasi sehingga bisa mem - be ri kan kepuasan kepada para pe milih yang mungkin belum menentukan pilihan sampai saat ini,” ucapnya.

Putri mengaku tidak ada per siapan khusus untuk meng hadapi debat. Bagi dia proses ini akan diikuti seperti air mengalir. “Kalau persiapan khu sus tidak ada karena memang kami pun masih disibukkan dengan pekerjaan masing-masing,” jelasnya.

Di bagian lain, KPU sering kali mendapatkan serangan (hacker ) terhadap sistem IT lem baganya. Namun pi hak - nya terus melakukan upa ya pen cegahan dan menangkal upaya peretasan tersebut. Ketua KPU Arief Budiman me - nya ta kan serangan pera tasan kerap datang dengan iden titas dari dalam maupun luar ne - geri.

Bermacam bentuk upaya pe retasan dila ku kan. “Kalau nye rang ke web kita itu memang ada terus dan itu bisa datang dari mana-mana. IP address ne gara yang ter - deteksi tidak ber arti negara asal pelaku. Mi sal pelaku dari dalam negeri bisa meng gu - nakan IP address luar negeri,” ucapnya.

Menurut dia, salah satu se - rangan yang dilancarkan ada - lah deface serta bentuk se ra ng - an lain. KPU memastikan se - rang an tersebut masih bisa di - tangani. “KPU menjaga sistem kita aman. Orang mau nyerang kan datang terus, tapi kita ber - upaya membentengi supaya tetap aman,” tegasnya.

Komisioner KPU Viryan Aziz menyatakan pihaknya akan menggandeng aparat pe ne gak hukum untuk me - lacak keberadaan peretas atau hacker yang menyerang pusat data. “Itu jalan terus dan setiap ada se rangan siber, kita selalu koor dinasi dengan Mabes Polri, dalam hal ini (bagian) cy ber crime.

Kita harapkan me re ka bisa mengungkap dan itu ter - bukti bisa ditangkap,” ucap - nya. Serangan hacker tentu saja ber kaitan dengan era glo ba lisa si di mana teknologi sema - kin berkembang. KPU juga akan terus melakukan pencegahan terhadap serangan para hacker ini.

“Kami berupaya meminimalkan potensi tersebut. Yang kami lakukan adalah bekerja sebaik mungkin sehingga misalnya ada seorang hacker kesel dengan KPU, itu bisa tidak jadi,” tegasnya.

mula akmal