Edisi 14-03-2019
Gedung Sekolah Roboh di Nigeria, Banyak Anak Tertimbun


LAGOS - Banyak orang, termasuk anak-anak, terjebak dalam gedung yang roboh di Lagos, Nigeria.

Upaya penyelamatan masih berlangsung saat berita ini dirilis. Juru bicara Badan Manajemen Darurat Nasional Nigeria Ibrahim Farinloye menjelaskan, belum ada informasi tentang jumlah korban karena proses penyelamatan sedang berlangsung. Gedung itu juga berfungsi sebagai sekolah.

”Diyakini banyak orang termasuk anak-anak yang saat ini terjebak di gedung. Lantai ketiga gedung itu adalah sekolah swasta di daerah itu,” kata Farinloye pada Reuters. Dia menambahkan, gedung tiga lantai itu roboh sekitar pukul 10 pagi waktu lokal saat kegiatan sekolah sedang berlangsung.

Para penyelamat menggunakan peralatan seadanya untuk memindahkan puing saat ribuan orang mengerumuni lokasi bencana itu. Puluhan orang melihat dari atap gedung di sekitarnya dan ratusan orang lainnya memenuhi jalan. Gedung itu berada di wilayah Ita-faji, Pulau Lagos.

Gambar dari lokasi musibah menunjukkan para penyelamat memanjat puing dan beton bangunan serta besi-besi baja. Media lokal menyatakan, gedung itu juga menjadi tempat tinggal sejumlah orang, selain berfungsi sebagai sekolah.

Nigeria sering mengalami gedung roboh karena buruknya regulasi dan bahan konstruksi yang kurang aman. Pada 2016, lebih dari 100 orang tewas saat gereja roboh di Nigeria bagian tenggara. Di Lagos, pada tahun yang sama juga terjadi musibah gedung lima lantai yang roboh.

Gedung yang sedang dibangun itu roboh dan menewaskan 30 orang. Satu sekolah apung yang dibangun untuk menghadapi badai dan banjir juga roboh di Lagos pada 2016, tapi tidak ada laporan tentang korban terluka.

muh shamil