Edisi 14-03-2019
Manusia Planet Lain


TURIN– Media Italia memuji Cristiano Ronaldo (CR7) setinggi langit. Semua menilai mantan pemain Real Madrid dan Manchester United itu bukan pemain biasa.

Tuttosportmemberi cover halaman muka mereka dengan judul Marziani! atau Martian dalam bahasa Inggris yang berarti “Orang Mars”. La Gazzetta Dello Sportmemilih judul Ira D’iddioyang secara harfiah bisa diartikan “Amuk Para Dewa” dan Correo dello Sportmengambil headline Mostruosoatau “Dahsyat!”. Jadi, wajar jika ada yang menyebut CR7 sebagai manusia dari planet lain. Sulit memang menggambarkan apa yang dilakukan CR7. Jika ada yang harus memberi nilai 1 sampai 10, dia berhak mendapatkan lebih dari itu. Bahkan, kekasihnya, Georgina Rodriguez, terlihat menitikkan air mata.

“Itulah mengapa Juve memboyong saya untuk membantu di malam-malam magis seperti ini. Ini adalah malam spesial, bukan hanya gol, tapi juga tim dengan sikap luar biasa. Ini adalah mentalitas yang dibutuhkan di Liga Champions. Kami berada di jalur yang tepat,” kata CR7, dilansir football-italia.net. CR7 pantas dipuji. Bintang Portugal tersebut melesatkan La Vecchia Signora ke perempat final seusai menumbangkan Atletico Madrid 3-0 di Allianz Stadium, Rabu (13/3). Hattrick CR7 pada menit ke- 27, 49, dan 86 dari titik penalti membuat Juve unggul agregat 3-2. Sebelumnya, pada leg pertama di Estadio Wanda Metropolitano, 21 Februari lalu, mereka kalah 0-2. Bagi Juve, ini merupakan pertama kali membalikkan keadaan setelah kalah di leg pertama untuk pertama kalinya sejak musim 2005/ 2006.

Itu sekaligus mengakhiri kutukan Juve yang di lima musim sebelumnya selalu tersingkir ketika kalah 0-2 pada legpertama kejuaraan Eropa atau Liga Champions. CR7 juga mengukir rekor lain. Dia mengemas delapan hattrickdi Liga Champions, menyamai torehan Lionel Messi. Empat hattrickdi antaranya terjadi di fase knockout. Total, mantan pemain Sporting Lisbon tersebut telah mengemas 69 gol di fase knockoutatau lebih banyak dari pemain lainnya. Belum cukup sampai di situ, CR7 selalu menjadi mimpi buruk Atletico. Dari 33 pertan - dingan kontra Atletico, CR7 telah mengoleksi 25 gol dengan rincian delapan di Liga Cham - pions, 16 di Primera Liga, 7 di Copa del Rey, dan 2 di Supercopa de Espana. “Ini adalah mentalitas Liga Champions. Tapi, kami belum memenang - kan apa pun,” tandasnya.

Kegembiraan juga dirasakan Pelatih Juve Massimiliano Allegri. Dia mengungkapkan, Juve tidak mengulangi kesalahan pada legpertama dan menerapkan strategi tepat, terutama di sektor pertahanan dan tengah. Secara khusus Allegri memuji Leonardo Spinazzola yang menjalani debut di Liga Champions bermain baik sebagai bek kiri. Sementara Emre Can bergerak hampir di semua sisi dan mematikan pergerakan penyerang Atletico Alvaro Morata. Begitu juga dengan Federico Bernardeschi yang begitu efektif dalam menusuk pertahanan lawan. “Para pemain menunjukkan performa luar biasa. Mereka memiliki teknik, ketepatan, agresi, dan itulah yang kami rencanakan untuk legpertama, tapi tidak berjalan bagus. Kami harus tampil berani untuk lolos dan kami memperlihatkan nya,” sebutnya.

Di sisi lain, lolosnya Juve jelas pukulan telak bagi Atletico. Tim berjuluk Los Colchoneros tersebut gagal memaksimalkan kemenangan 2-0 di legpertama. Itu sekaligus mengakhiri catatan apik Atletico di 19 laga knockout Liga Champions sebelumnya selalu lolos jika menang di legpertama. Dari sisi pertarungan taktik, Pelatih Atletico Diego Simeone kalah dari Allegri. Angel Correa melakukan kesalahan konyol. Sementara Antoine Griezmann dan Morata mati kutu. Secara sportif, Simeone mengakui jika timnya tampil buruk .

“Juve melakukan apa yang kami lakukan di legpertama. Saya tidak melihat karakter permainan kami yang sebenarnya. Juve lebih baik dari kami dan kami harus memberi mereka selamat. Kami kalah bukan karena buruk, melainkan terbawa permainan Juve,” tandasnya.

Alimansyah