Edisi 14-03-2019
Alihkan Fokus


JAKARTA– Persija Jakarta langsung mengalihkan fokus ke turnamen pramusim Piala Presiden. Macan Kemayoranakan menantang tuan rumah PSS Sleman.

Laga ini sangat menentukan dalam upaya merebut tiket otomatis ke babak delapan besar. Ismed Sofyan dkk sukses besar pada matchdaykedua babak penyisihan Grup G Piala AFC setelah melibas tuan rumah Shan United dengan skor telak 3-1. Kemenangan ini sempat mengantar Persija ke puncak klasemen semen - tara sebelum Ceres Negros menaklukkan Becamex Binh Duong pada laga lainnya. Bagi tim Ibu Kota, kemenangan ini tidak hanya menjaga peluang lolos ke babak semifinal Zona ASEAN, namun juga menjadi modal positif jelang laga terakhir penyisihan Grup D Piala Presiden. Mereka sudah ditunggu tim tuan rumah PSS, Jumat (15/3). Meski menjadi pemuncak klasemen, bukan berarti posisi Persija sudah aman.

Macan Kemayoranyang mengoleksi empat poin hanya unggul selisih gol dari Madura United di urutan kedua. Selain itu, mereka hanya terpaut satu angka dari PSS di urutan ketiga. Tiga tim teratas sama-sama berpeluang lolos ke babak dela - pan besar. Situasi ini membuat laga kontra tim berjuluk Super Elang Jawaitu sangat krusial. Jika terpeleset, bukan tidak mungkin Persija harus mengu - bur mimpi mempertahankan gelar juara bertahan. Macan Kemayoranharus mewaspadai kebangkitan PSS setelah di laga kedua menak - luk kan Borneo FC. Sebe lum - nya, anak asuh Seto Nurdi an - toro ini dipaksa menyerah oleh Madura United. Tentunya, tim asal Sleman itu tidak ingin kem bali menanggung malu di depan publiknya sendiri dan merebut tiket lolos ke babak delapan besar.

Di sisi lain, Persija hampir pasti akan kembali menu run - kan mayoritas pemain pelapis. Pelatih Persija Ivan Kolev ten - tu saja tidak ingin ambil risiko memainkan penggawa utama - nya mengingat mereka hanya punya waktu istirahat dua hari setelah berlaga di Piala AFC. Ancaman kelelahan ini menjadi masalah serius yang harus diatasi Persija jelang laga krusial di Piala Presiden. Sebelumnya, rotasi besarbesaran sudah diuji coba Kolev saat melawan Madura United dengan menurunkan delapan pemain cadangan. Hasilnya, mereka mampu mengaman - kan puncak klasemen setelah ber-main imbang 2-2. Terkait jadwal pertandingan yang cukup padat, striker Silvio Escobar menyatakan siap kembali bermain jika dipercaya turun di Piala Presiden.

Dia termotivasi membuktikan diri sebagai striker haus gol setelah kembali mandul dalam laga kontra Shan United. Mantan pemain Perseru itu bertekad menjawab kritik suporter. “Bagi pemain sepak bola, kritik merupakan hal biasa. Ada suporter yang mengkritik, ada juga yang kasih motivasi agar tampil lebih bagus lagi. Sekarang, saya semakin termotivasi untuk memberi - kan yang terbaik,” katanya. Meski masih merasakan kelelahan setelah bermain di Myanmar, dia menyatakan kondisinya fit 100% dan siap mengeluarkan kemampuan terbaik saat menghadapi PSS. “Kondisi saya sekarang sudah 100%. Kalau kemarin belum mencetak gol, itu karena belum beruntung saja. Saya ingin mencetak gol saat melawan PSS. Tapi, lebih penting dari itu, saya akan membantu tim meraih kemenangan. Mudahmudahan saya bisa maksimal,” tandasnya.

Abriandi