Edisi 14-03-2019
Melebihi Ekspektasi SUV Modern


ISUZUMu-X ternyata memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya begitu disukai penggemarnya. Mereka ternyata lebih mementingkan sisi praktis ketimbang desain yang menawan.

Seperti apa keunggulannya? Gatot Guntaryo tidak pernah lupa dengan pengalamannya mengendarai Isuzu Mu-X di kawasan Ciamis, Jawa Barat, beberapa tahun lalu. Saat itu ketika berada di sebuah tanjakan, dia ingin menyalip mobil yang ada di depannya karena berjalan terlalu lambat. Saat menyalip, tiba-tiba dia melihat dari arah berlawanan bus yang tengah melaju kencang. Sadar jarak yang dibutuhkan semakin pendek, Gatot berusaha membuat Isuzu Mu-X yang dia kendarai berakselerasi lebih kencang lagi. Dia pun memindahkan tuas transmisi otomatis mobil itu ke mode triptronic dan melakukan downshifting . Setelah downshifting , dia langsung menekan pedal gas dalam-dalam agar mobil lebih cepat mendahului mobil yang ada di depan dan mampu menghindari potensi tabrakan.

“Hasilnya luar biasa karena mobil ini langsung berakselerasi dengan baik. Saya pernah mengendarai mobil sejenis tapi mungkin keadaannya akan jauh berbeda,” ujar Gatot. Gatot mengatakan, transmisi otomatis 5 percepatan dengan mode triptronic itu menurutnya jadi kunci mengapa berhasil mendapatkan akselerasi yang diinginkan. Kelebihan transmisi 5 percepatan itu, menurutnya, membuat Isuzu Mu-X memiliki napas yang panjang dalam berakselerasi. “Saya merasa kemampuan mobil ini seperti mobil sedan sport apabila berakselerasi,” kata Gatot yang juga menjabat sebagai ketua umum Isuzu Mu-X Community Indonesia.

Pengalaman lainnya dirasakan Jenner Samudra yang membenarkan kenyamanan Isuzu Mu-X memang setara dengan sedan premium. Suspensi Isuzu Mu-X 5 links coil spring di bagian belakang dan independent coil spring di bagian depan mem - buatnya betah mengendarai Isuzu Mu-X untuk ke - gi atan seharihari. “Te man saya bilang kenyamanannya seperti Land Cruiser VX dan me mang setelah saya co ba sendiri me - mang seperti yang dia bilang,” ujar Jenner. Pria yang seharihari bekerja di industri kreatif itu bahkan tidak segan-segan membawa mobil ini bermain di medan berat. Dia menceritakan sehabis berlibur di Bandung, Jawa Barat, dia langsung membawa mobil itu bermain off-road di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Saat itu dia sama sekali tidak melakukan ubahan apa pun untuk melakukan aktivitas off-road . Isuzu Mu-X miliknya yang dibeli pada tahun 2017 langsung diceburkan ke trek off-road . Hebatnya mobil tersebut sama sekali tidak mengalami kendala sama sekali. “Satu hal lagi yang sangat saya sukai adalah ruangan baris ketiga yang memang dibuat bukan untuk anak-anak tapi orang dewasa. Jadi, orang dewasa yang duduk di baris ketiga tetap merasa nyaman,” katanya. Lain lagi dengan Hidayat Darmawan yang mengatakan faktor harga adalah salah satu pertimbangan mengapa dia memilih Isuzu Mu-X. Menurutnya, dibanding mobil sekelas lainnya, Isuzu Mu-X memiliki banderol harga yang menarik, yakni Rp473 juta.

Harga itu menurutnya sangat menarik karena fitur yang dimiliki Isuzu Mu-X sangat lengkap. “Saat pertama kali keluar pada 2014, Isuzu Mu-X itu satu-satunya SUV yang sudah dilengkapi empat rem cakram,” ujarnya bangga. Bahkan, fitur-fitur keamanannya juga sangat lengkap mulai dari hill descent control (HDC), hill start assist (HAS), electronic stabilty control (ESC), traction control (TC) hingga electronic brake distribution (EBD). Semua itu bisa didapat dengan harga yang kompetitif menurut Hidayat. “Mobil ini saat keluar pertama kali memiliki fitur yang melebihi harganya,” ujar Hidayat bangga.

Wahyu sibarani