Edisi 14-03-2019
Pilih Mobilio S, E, atau RS?


PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja merilis model terbaru New Honda Mobilio, di Jakarta, akhir Februari 2019 silam. Ada sejumlah penye garan yang dilakukan, baik dari eksterior maupun interior.

Nah yang menarik, semua itu dilakukan tanpa ada kenaikan harga. Tentu saja, ini untuk menyiasati persaingan di pasar MPV yang semakin meruncing dengan hadirnya varian-varian baru dari kompetitor. Mobilio berusaha untuk tetap mengejar ketertinggalan mereka. Nah, dari 3 varian Honda Mobilio yang baru saja diperkenalkan, mana yang paling menarik dan memiliki value for money tertinggi? Model terendah, New Honda Mobilio S (M/T), mengalami perubahan di grill depan yang terlihat lebih galak. Lalu, velg alloy wheel 15 inci juga berubah. Lainnya itu, di interior ada 2DIN audio dilengkapi dengan Bluetooth dan hands free telephone . New Honda Mobilio S Manual dibanderol Rp194 juta.

Model S memiliki ubahan yang paling minim dibanding model lainnya. Selanjutnya, ada New Honda Mobilio Grade E (CVT & M/T). Model ini memiliki seluruh fitur di New Honda Mobilio grade S (M/T), ditambah dengan beberapa fitur baru lain. Antara lain new projector headlight with led daytime running light , n ew 15” two tone alloy wheel design , new front, side, rear under spoiler, new black/ivory interior color (two tone ), n ew 6,2” resistive touchscreen display audio with bluetooth & hands free telephone. Tentu saja, varian ini juga memiliki fitur unggulan yang sebelumnya sudah ada.

Misalnya CVT with earth dreams technology , retractable door mirror with turning signal , alarm system, keyless entry , serta fitur rear parking camera dan audio steering switch khusus tipe CVT. Harganya, E Manual Rp214.500.000 dan CVT Rp225.500.000. Terakhir, adalah New Honda Mobilio Grade RS (CVT & M/T). Perubahannya adalah velg 15” sporty alloy wheel dengan desain baru, new shark fin antenna, new smoked rear combi lamp , new sporty dashboard design with orange lining , new 8” capacitive touchscreen display audio with bluetooth , hands free telephone & smartphone connection, new meter cluster design with RS logo.

Bisa dibilang Mobilio RS yang dibanderol Rp237.500.000 (RS Manual) dan Rp248.000.000 (RS CVT) ini memiliki value for money terbaik karena ubahannya cukup banyak. Misalnya kabin yang semakin sporty dengan sentuhan warna oranye di dasbor dan jahitan di kursi mobil. Juga desain baru di bagian meter cluster berlogo RS. New a dvanced 8” capacitive touchscreen display audio juga terlihat canggih dan modern. Adapun konsumen yang ingin melakukan modifikasi di Honda Mobilio, juga bisa membeli aksesori Modulo. Antara lain door visor, AC filter , isofix childseat , fog light garnish, door lower garnish , dan exhaust pipe finisher.

Marketing & After Sales Service Director HPM Jonfis Fandy mengatakan tetap optimistis Honda Mobilio akan tetap bisa bersaing dengan pembaruan fitur kendati memang tidak menghadirkan varian yang memang benarbenar baru. Adapun yang mereka kejar saat ini adalah konsumen yang memang sudah percaya dengan brand Honda, termasuk du - kungan layanan purnajual dan dealer mereka, serta yang me - mang menyadari keung - gulan dari Mobilio. “Ketika dilun curkan, mobil ini membawa banyak fitur yang jauh lebih baik dari kompetitor. Mulai dari kenikmatan mengemudi, CVT, hingga hemat bahan bakar. Jadi, kami yakin Mobilio tetap bisa kompetitif,” ujar Jonfis.

Danang arradian