Edisi 14-03-2019
Rian D’Masiv Ajak Hafal Alquran lewat Musik


MUSIKmerupakan bahasa universal yang pesannya dapat disampaikan dan ditangkap siapa pun dan kapan pun. Nah, pada era digital seperti sekarang, orang dengan gampang mengunduh musik yang diingin kan hanya dengan telepon pintar.

Hal itulah yang membuat Daarul Quran menginisiasi sebuah proyek apik, Daqu Project. Bukan ingin menya ji - kan musik sebagai hiburan semata, pesan besarnya yaitu ingin mengajak umat Islam, khususnya generasi muda, untuk menghafalkan Alquran lewat musik. Lewat Daqu Voice, kali ini Daqu Project kembali merilis single bertajuk Indonesia Meng - hafal Al q uran dengan meng - aran semen ulang lagu ini. Seru - nya, Virzha ikut dilibatkan se - ba gai vokalis dalam proyek yang rumornya tidak dibayar ini.

Lirik yang memberikan semangat bagi anak muda untuk mencintai Alquran yakni “Ayo Indonesia bisa, Menghafal Alquran, Jadikan panduan dalam kehidupan, Indonesia kita bisa Jadi generasi yang cemerlang, Jadi generasi yang gemilang.” Melalui lirik lagu yang sarat makna ini, Ketua Daarul Quran Tarmizi Ashidiq dan Benny Hadislani selaku pencipta lagu ingin mengajak umat Islam menghafal Alquran agar bisa menjadi panduan untuk hidup ke arah yang lebih baik. Bukan cuma Virzha, proses kreatif lagu ini juga melibatkan Rian Ekky Pradipta, vokalis DíMasiv atau dikenal dengan Rian D’Masiv, sebagai music director. Keterlibatan Rian membuat aransemen musik semakin apik membungkus lirik dengan sangat rapat dan hampir tanpa cela.

Ayah Euralia Cassidy Rian dan Andi Aria Radyakaya Rian ini pun mengaku sangat men - du kung anak-anak penghafal Alquran. Dia bahkan siap memberikan beasiswa untuk anak-anak yang tidak mampu. “Ini adalah kegiatan yang luar biasa. Harusnya saya bisa meluangkan waktu untuk halhal seperti ini ketimbang mikirin bisnis melulu atau uang dari pekerjaan saya sebagai musisi,” tutur Rian D’Masiv. Vokalis kelahir an Yogyakarta, 17 November 1986 ini mengungkapkan, lewat proyek mulia ini, diharapkan ke depan lahir pemimpin di Indonesia yang bisa mem baca dan menghafal Alquran. Rian juga bersyukur bisa me ng - ajak Virzha yang secara ikhlas me nyumbangkan suaranya dalam proyek ini. “Itu sih yang keren,” ucap Rian.

Keter libatan Rian yang mengajak Virzha dalam proyek musik yang digagas Daarul Quran ini bernama Daqu Project. Proyek musik ini me - mi liki misi memotivasi umat Islam untuk menghafal Al qur - an lewat musik.

Thomasmanggalla