Edisi 14-03-2019
Universitas Atma Jaya Hadirkan Ilmuwan Peraih Nobel


DALAM rangka membangun inspirasi bangsa menuju taraf dunia, Unika Atma Jaya terus berusaha memberikan inspirasi dan memberikan semangat kepada generasi milenial, peneliti muda, dan para akademisi untuk selalu berpikir kreatif dalam mencari solusi berbagai permasalahan di masyarakat.

Kali ini Unika Atma Jaya menghadirkan ilmuwan peraih Nobel, Prof Paul Nurse. Ia adalah penerima hadiah Nobel di bidang fisiologi/kedokteran pada 2001 untuk penemuannya tentang regulasi siklus sel yang menjadi pintu bagi dunia pengetahuan memahami kanker. Prof Paul Nurse membawakan kuliah umum berjudul “Building a New Enlightment Towards a Scientific-based Civilization” dalam seri kegiatan “Bridges” di Indonesia yang digelar Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya, Selasa (12/3). Dalam kuliah umum tersebut, Prof Paul Nurse memberikan pesan utama bahwa masyarakat umum dan dunia pendidikan harus memahaminya melalui ilmu pengetahuan.

Seperti halnya siklus kehidupan manusia, ilmu pun akan terus mengalami revolusi sehingga manusia harus siap dengan segala perubahan tersebut. Kenyataan tersebut menjadikan ilmu pengetahuan adalah aset terbesar kehidupan manusia. Rektor Unika Atma Jaya Dr Agustinus Prasetyantoko menuturkan kegiatan ilmiah yang menghadirkan pembicara setaraf Nobel ini merupakan salah satu usaha Unika Atma Jaya dalam memberikan edukasi dan inspirasi bagi generasi milenial. “Kegiatan Bridges dengan menghadirkan peraih Nobel menjadikan kampus Unika Atma Jaya menghasilkan para peneliti dan pemikir besar yang mampu berpikir kritis dan kreatif,” tutur Agustinus. Ia menjelaskan bahwa Unika Atma Jaya terpilih sebagai salah satu dari 11 mitra universitas lokal dari International Peace Foundation sebagai penyelenggara kegiatan ini.

Sebelumnya kegiatan ini sukses dilaksanakan di Thailand, Filipina, Malaysia, Kamboja, Vietnam, dan Singapura. Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran dan Farmasi Unika Atma Jaya Dr Yuda Turana menambahkan, kuliah umum Prof Paul Nurse merupakan puncak dari serangkaian kegiatan akademik berbentuk diskusi “Road to Nobel Lecture”, dengan beragam topik di bidang kedokteran, ilmu kesehatan, dan teknobiologi.

Iman firmansyah