Edisi 14-03-2019
Edukasi untuk Tumbuh Kembang Anak


UNTUK terus mengedukasi masyarakat mengenai bagaimana menghasilkan generasi sehat dan berkualitas, RSIA Kemang Medical Care (KMC), rumah sakit pelopor program laktasi di Indonesia, pada perayaan ulang tahun ke- 10-nya mengadakan seminar dan edukasi bertema “Tumbuh Kembang Anak untuk Generasi Optimal”.

Seminar tersebut menghadirkan dua tema penting mengenai pertumbuhan anak, yaitu laktasi yang disampaikan dr Anjar Setiani SpA dan tumbuh kembang anak yang disampaikan dr Alinda Rubiati SpA(K) sebagai pembicara. Tumbuh kembang anak merupakan hal yang menjadi perhatian utama orang tua. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses yang berbeda, tetapi keduanya saling berkaitan.

“Seminar ini dilaksanakan dalam rangka ulang tahun, di mana tumbuh kembang dan laktasi adalah keunggulan rumah sakit kami. Kami mencoba berkontribusi untuk masyarakat Indonesia, di mana sejak awal pembentukan rumah sakit ini, kami menonjolkan tumbuh kembang anak untuk menjadikan mereka manusia yang berkualitas. Maka itu, sejak kehamilan, orang tua harus punya pengetahuan bagus soal laktasi,” kata Direktur Utama PT Sarana Mediktama Kemang Musjwirah Jusuf Kalla di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Minggu (10/3). Dia menjelaskan, pertumbuhan merupakan proses yang bersifat kuantitatif sehingga dapat diukur dengan satuan panjang, satuan berat, dan ukuran kepala. Sedangkan, perkembangan adalah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks, bersifat kualitatif, pengukuran dalam dilakukan menggunakan skrining perkembangan.

“Tumbuh kembang dipengaruhi beberapa faktor, yaitu dari dalam anak dan faktor lingkungan, terutama masa tiga tahun pertama,” ucap Musjwirah. Menurutnya, masa tiga tahun pertama merupakan masa yang sangat penting. Bukan hanya pada pertumbuhan fisik seorang anak, melainkan juga pada perkembangan kecerdasan dan keterampilan motorik, mental, sosial, dan emosionalnya. “Salah satu faktor utama yang mendukung tumbuh kembang anak adalah nutrisi. Selain memengaruhi pertumbuhan, nutrisi juga memengaruhi perkembangan otak. ASI (air susu ibu) adalah nutrisi terbaik untuk perkembangan otak manusia,” papar Musjwirah.

Diketahui, menyusui akan meningkatkan hubungan batin antara ibu dan anak. Keberhasilan seorang ibu menyusui agar kegiatan laktasi dapat berhasil hingga jangka waktu minimum dua tahun dapat dicapai melalui faktor manajemen diri yang akan berpengaruh kuat pada kesejahteraan. “Sebagai pelopor laktasi di Indonesia, RSIA Kemang Medical Care memiliki misi yang berfokus pada kegiatan preventif, yaitu mendirikan rumah tumbuh kembang yang terintegrasi untuk menyiapkan generasi berkualitas. Kami juga menyelenggarakan program screening kandungan sejak dini untuk menekan angka prematur, gizi seimbang, dan mencetak generasi berprestasi,” ujar Musjwirah.

Iman firmansyah