Edisi 15-03-2019
Fitch Kembali Kukuhkan Rating Utang di Level BBB


JAKARTA – Lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) kemarin mengukuhkan peringkat utang Indonesia pada level BBB dengan outlook stabil (investment grade).

Ini merupakan sinyal positif di tengah kondisi ma kroekonomi global yang masih diliputi ketidakpastian. Fitch pada enam bulan sebelumnya juga memper tahankan peringkat Indonesia pada level BBB/outlook stabil (in vestment grade).

Afirmasi peringkat terbaru ini diharapkan menambah keyakinan terhadap pe r - ekonomian Indonesia dari pe - ngaruh eksternal. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, BI akan tetap konsisten me - nem puh bauran kebijakan un - tuk memperkuat stabilitas eks - ter nal dan mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

“Untuk itu koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait juga akan terus dipererat,” kata Perry di Jakarta kemarin. Dia melanjutkan, beberapa faktor kunci yang mendukung ke putusan tersebut adalah pros - pek pertumbuhan ekonomi yang baik dan beban utang pe - me rintah yang relatif rendah.

Tantangan lain berasal dari ma - sih kuatnya ketergantungan ter - hadap sumber pembiayaan eks - ter nal, dan penerimaan pe me - rintah yang rendah. Menurut Perry, prospek per - tumbuhan ekonomi terus me - nunjukkan penguatan bila di - ban dingkan dengan negara lain.

Permintaan domestik di - per kirakan tetap menjadi a n - dal an di tengah kinerja ekspor ter batas yang dipengaruhi per - min taan global yang melambat. Menurut dia, konsumsi dan investasi tetap menjadi sumber utama pertumbuhan seiring de - ngan adanya bonus gaji pegawai negeri sipil, peningkatan dana bantuan sosial, dan pe lak sa - naan berbagai proyek in fra - struk tur, khususnya oleh Ba - dan Usaha Milik Negara (BUMN).

Adapun dari sisi eks - ter nal, sovereign credit Indonesia diyakini tetap dapat me nye - suaikan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya pergera kan nilai tukar yang cukup sig - nifikan apabila terjadi gejolak pasar jika otoritas moneter Ame rika Serikat (AS) kembali melakukan pengetatan kebi jakan moneter pada akhir tahun.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah meng - ungkapkan, peringkat invest - ment grade sudah cukup lama disandang oleh Indonesia. Hal ini baik untuk aliran modal por - tof o lio. “Tapi belum tentu men - ja min masuknya foreign direct investment atau FDI,” ujarnya.

Dia melanjutkan, pada 2018 in - vestasi langsung yang masuk mengalami penurunan wa lau - pun peringkat Indonesia masuk investment grade. Menurutnya, masalah perizinan, pembebasan lahan, perburuhan, kon sis - ten si kebijakan jauh lebih ber - pengaruh terhadap masuknya aliran modal dalam bentuk FDI.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memandang, rating Fitch yang stabil di level BBB menjadi si nyal positif di tengah kondisi makroekonomi global yang tidak pasti. Dia berharap, dengan peringkat yang tetap di level BBB, investor akan meningkatkan penanaman modal di Indonesia dalam jangka pan jang.

kunthi fahmar sandy