Edisi 15-03-2019
Bandara Atlanta Tersibuk di Dunia


NEW YORK –Atlanta kembali memimpin dunia. Minimal dalam hal bandara tersibuk di dunia.

Bandara Internasioal Hartsfield-Jackson Atlanta mampu menduduki peringkat pertama dalam hal bandara yang paling banyak menampung penumpang. Bandara Atlanta menampung lebih dari 107 juta penumpang selama 2018. Itu menjadi bandara paling sibuk di dunia.

Berdasarkan data Dewan Bandara Internasional (ACI), bandara Atlanta mengalami kenaikan lalu lintas penumpang sebesar 3,3%. Secara global jumlah penumpang meningkat 6% atau 8,8 miliar penumpang tahun lalu. Sedangkan angkutan kargo meningkat hanya 3,2%.

Sebanyak 20 bandara tersibuk di dunia mengalami peningkatan 4,7% dengan 1,5 miliar penumpang yang menggunakan bandara tersebut. ”Sungguh mengejutkan melihat pertumbuhan lalu lintas penumpang yang masih stagnan di tengah ketegangan dan iklim geopolitik meningkat,” kata Direktur Jenderal ACI Angela Gittens dilansir CNN .

”Dengan biaya perjalanan yang menurun pada banyak pasar dan tumbuhnya kelas menengah di pasar yang berkembang, pertumbuhan lalu lintas penumpang tetap tidak tertekan,” ujar Gittens. Menurut Gittens, prediksi pertumbuhan global jangka menengah menjelaskan pertumbuhan pelayanan udara antara 2018 hingga 2023 akan meningkat sekitar 30%.

”Itu berarti banyak pemerintah akan dituntut untuk meningkatkan infrastruktur bandara,” katanya. Gittens memperingatkan dampak kebijakan proteksi yang meningkat di seluruh dunia. Dia mengatakan, penerbangan selalu terkait dengan ekonomi global dan perkembangan lokal.

Namun, retorika proteksi telah melanda banyak negara Barat akan terus berlanjut. Itu juga mengakibatkan penurunan lalu lintas orang, barang, dan jasa. ”Perang dagang antara AS dan beberapa mitra perdagangan terdekat mengguncang jaringan pasokan global dan industri,” ujar Gittens.

Khusus untuk bandara Atlanta, itu masih menjadi penghubung dan pintu masuk ke Amerika Utara. Mayoritas penebangan di sana adalah dua jam dan 80% penduduk AS menggunakan bandara tersebut. Dalam satu hari, bandara Atlanta bisa menampung 275.000 orang dengan ratarata 2.700 kedatangan dan keberangkatan pesawat.

Hanya saja, bandara Atlanta mengalami berbagai masalah. Itu disebabkan senator di negara bagian Georgia ingin melaksanakan pemungutan suara untuk mengambil alih pengelolaan bandara dari Kota Atlanta, tapi tidak jelas apakah DPR wilayah Georgia akan mengikuti langkah tersebut.

CEO Delta Air Lines, maskapai yang mendominasi penerbangan di Atlanta, mengatakan penentangan terhadap pengambilalihan pengelolaan bandara itu. Perubahan kontrol akan berdampak langsung terhadap operasional bandara tersebut.

Prestasi Hartsfield-Jackson memegang posisi sebagai bandara tersibuk selama dua dekade terakhir. ”Bandara Internasional Hartsfield-Jackson merupakan tempat yang menakjubkan,” kata Manajer Umum Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta John Selden dilansir 11 Alive .

Dia mengungkapkan, adanya hubungan kuat antara maskapai dan mitra federal untuk menyediakan pelayanan bandara yang efisien dan paling sibuk di dunia. Karena pertandingan Super Bowl dilaksanakan di Atlanta, maka bandara internasional itu akan memecahkan rekor kembali pada 2019.

Itu adalah nama lain ”Mass Exodus Day” di mana pegawai Badan Keamanan Transportasi (TSA) bisa melakukan pemeriksaan terhadap 101.999 penumpang pada satu hari. Pada hari yang sama, agen TSA juga mengecek 53.000 tas.

Tidak ada perubahan mendasar dalam bandara penumpang tersibuk di dunia. Peringkat kedua diduduki Bandara Internasional Beijing yang melampaui 100 juta penumpang pada 2018 dan hampir 101 juta penumpang serta mengalami peningkatan 5,4%.

Peringkat ketiga ditempati Bandara Dubai dengan 89 juta penumpang atau hanya meningkat 1%. Namun, Dubai masih menjadi bandara untuk lalu lintas penumpang internasional tertinggi disusul Bandara Heathrow di London dan Bandara Internasional Hong Kong.

Ditambahkan Deborah Flint, CEO Los Angeles World Airport, Los Angeles masih menjadi destinasi untuk bisnis dan liburan. ”Pertumbuhan penumpang dan kargo mengalami kenaikan signifikan sebagai bandara global,” kata Flint.

Kemudian Bandara O’Hare Chicago mengalahkan Atlanta sebagai bandara paling sibuk dalam pergerakan pesawat, yakni bandara paling padat dalam lepas landas dan pendaratan. O’Hare menjadi bandara dengan 904.000 pergerakan pada 2018.

Atlanta hanya menampung 895.000 pergerakan dan Los Angeles mencapai 708.000 penumpang. Hong Kong masih menjadi bandara kargo terbesar di dunia dengan menangani 5,1 juta metrik ton kargo selama 2018. Itu mengalami peningkatan 1,4% dibandingkan tahun sebelumnya.

Peringkat kedua bandara kargo adalah Bandar Internasional Memphis di Tennessee di AS. India mengalahkan Jepang sebagai pasar penerbangan terbesar ketiga di dunia di belakang AS dan China.

andika hendra





Berita Lainnya...