Edisi 15-03-2019
Beto O’Rourke Masuk Bursa Capres Demokrat 2020


TEXAS - Mantan anggota kong res Texas Beto O’Rourke mendeklarasikan diri sebagai calon presiden (capres) dalam pemilu 2020.

Deklarasi itu mengakhiri beberapa bulan spekulasi apa kah dia akan bergabung dalam bursa capres Partai Demokrat untuk melawan Presiden AS Donald Trump dari Partai Re publik. O’Rourke semakin po pu ler setelah pertarungan me la wan Senator AS Ted Cruz tahun lalu.

Dia mengumumkan pencalonan itu dalam video di media sosial pukul 07.30 pagi waktu lokal. Dia segera menyusun kam panye di Iowa yang menggelar kontes nominasi Demokrat pertama pada Februari 2020.

“Dia juga akan meng un - jungi kota-kota di bagian timur Iowa yang menjadi basis pen - du kung Demokrat,” ungkap la - poran Politico berdasarkan sum ber yang dekat dengan to - koh Demokrat itu. Perjalanan itu akan menjadi tes pertama apakah O’Rourke da pat maju ke panggung po li - tik nasional seperti yang dia la - ku kan di Texas tahun lalu, me - narik banyak pendukung dan mampu menggalang donasi kampanye hingga USD80 juta.

O’Rourke menuju ke Iowa ka rena ada beberapa tanda po - pularitasnya menyusut dalam beberapa pekan terakhir. Sur - vei di Iowa yang dirilis pekan lalu menunjukkan O’Rourke sebagai pilihan pertama bagi 5% pemilih Demokrat. Posisi O’Rourke masih kalah dengan empat pesaingnya, termasuk mantan Wakil Presiden Joe Biden yang belum men dekla ra - sikan pencalonan dan Senator AS Bernie Sanders.

Saat survei Des Moines Re - gister/CNN/Mediacom dige - lar pada Desember, O’Rourke menempati peringkat ketiga dengan 11% suara. Sepertiga responden menyatakan, me re - ka tidak cukup tahu tentang to - koh itu untuk dapat memb e ri - kan pendapat.

O’Rourke, 47, menjabat tiga periode di Kongres mewakili kawasan Texas Barat sepan - jang perbatasan AS dengan Mek siko. Pencalon dirinya akan menjadikannya unik da - lam beberapa isu penting, se - perti layanan kesehatan uni - versal dan menolak donasi dari komite aksi politik korporat.

Dia juga mencoba meng am - bil jarak dari beberapa capres yang condong sayap kiri, se - perti Sanders dan Senator Eli - zabeth Warren dari Massa - chusetts yang dianggap sosialis oleh Trump. “Saya seorang kapitalis.

Saya tidak melihat bagaimana kita mampu menghadapi semua tantangan mendasar yang kita miliki sebagai satu negara tanpa, sebagian, mengumpulkan kekuatan pasar,” ungkap O’Rourke bulan lalu. O’Rourke yang memiliki nama lahir Robert Francis itu mendapatkan julukan popu ler nya saat tumbuh besar di El Paso, Texas.

syarifudin



Berita Lainnya...