Edisi 15-03-2019
Cegah Fraud, BPJS Kesehatan Gandeng ICW


JAKARTA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggandeng Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk mencegah potensi fraud atau tindak kecurangan di program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang di - lakukan Direktur Kepatuh - an Hukum dan Hubungan Antarlembaga BPJS Kese - hat an Bayu Wahyudi dan Koordinator ICW Adnan Topan Husodo di Kantor Pusat BPJS Kesehatan Jakarta kemarin.

Direktur Kepatuhan Hu - kum dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi mengatakan, sebagai badan penyeleng gara JKN-KIS, BPJS Kese hat an terus berupaya mengedepankan prinsip good governance.

Salah satu upayanya adalah dengan melibatkan peng - awasan dari lembaga inde - pen den masyarakat untuk menekanpotensi fraud dalam penyelenggaraan JKN-KIS. “Untuk itu, BPJS Kesehatan menggandeng ICW untuk memperkuat lini pengawasan penyelenggaraan Program JKN-KIS,” katanya.

Lewat kerja sama ini, ICW akan menjadi mitra strategis BPJS Kesehatan dalam me - laku kan pengawasan terha - dap jalannya pelayanan ke - sehatan di lapangan. Terkait temuan dugaan fraud di la - pang an, ICW diharapkan da - pat melakukan konfir masi kepada BPJS Kesehatan terlebih dulu sehingga bisa ber sama-sama memverifi - kasi keabsahan temuan ter - sebut sebelum dibuka ke - pada publik.

“Kami juga berharap ma - syarakat bisa turut ber par - tisipasi melapor kan kepada kami apabila menemukan hal-hal yang mengarah pada potensi fraud. Mari kita ber - sama mengawal jalannya Program JKN-KIS ini,” kata Bayu.

Koordinator ICW Adnan Topan Husodo mengatakan, ICW akan mempelajari lebih lanjut mengenai titik rawan potensi kecurangan dalam sistem yang dikelola BPJS Kesehatan.

Apakah me mang potensi kecurangan itu terjadi karena kelemahan mekanisme, atau sistem kontrol yang tidak banyak atau tidak ada ataukah karena perilaku pejabat di daerah yang memanfaatkan kekuasaan yang mereka punya dalam sistem yang dibangun.

neneng zubaidah