Edisi 15-03-2019
BNI Perkuat Penetrasi Ekspor Produk Seafood Indonesia


JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BNI) menyalurkan pembiayaan lengkap bagi pelaku usaha di Indonesia yang berorientasi ekspor.

Tidak hanya untuk eks portir, tapi juga pembiayaan bagi importir yang membeli produk dari eksportir Indonesia. Skema ini akan memudahkan transaksi antarpengusaha asal Indonesia dengan importir di negara tujuan ekspor.

Skema ini diterapkan pada perdagangan seafood yang di - produksi penerima Kredit Usa ha Rakyat (KUR) yang di sa - lurkan BNI asal Bulukumba, Su la wesi Selatan, bernama Abdul Rozak. Abdul Rozak yang juga merupakan petani tambak, mengekspor udang hasil budi dayanya di Bulu - kum ba melalui PT Multi Mo - no don Group yang berada di Ma kassar, Sulawesi Selatan.

PT Multi Monodon Group kemudian menampung pro - duk-produk seafood dari ber - ba gai petani tambak seperti Abdul Rozak. Kemudian PT Multi Monodon Group meng - eks por produk seafood itu ke - pa da pembeli yang berada di be berapa negara, seperti Si - nga pura, Hong Kong, Je pang, China, dan negara lain nya.

Salah satu pembeli produk seafood dari PT Multi Mo no - don Group tersebut adalah Wealthy Garden Holdings yang berada di Hong Kong. Me lalui BNI Cabang Hong Kong, BNI memberikan fasilitas impor.

Direktur Tresuri dan Inter - nasional BNI Rico Rizal Bu di - darmo mengatakan, salah satu strategi yang dikembangkan BNI untuk meningkatkan eks - por usaha mikro kecil dan me - ne ngah (UMKM) seperti Abdul Rozak adalah mem be ri kan fasilitas KUR.

Dari pem bia - yaan itu, Abdul Rozak bisa mengembangkan usaha tam - bak nya yang semula berawal dari dua petak tambak. “BNI me lihat UMKM merupakan ba gian strategis dalam pe ning - katan kesejahteraan rak yat,” ujar Rico di Jakarta, ke ma rin.

PT Multi Monodon Group sebagai perusahaan eksportir seafood menjadi salah satu de - bitur Sentra Kredit Menengah (SKM) BNI di wilayah Ma kas sar. Multi Monodon yang me mu lai usahanya dari 1997 me rupakan perusahaan ekspor tir frozen seafood, seperti ikan dan udang yang membeli ba han baku pro - duk seafood dari pe tam bak dan nelayan untuk meng ha silkan produk ekspor ber kualitas.

Multi Monodon telah men - jadi debitur BNI sejak 2005. Dalam upaya mengejar per - tum buhan transaksi ekspor selain tetap meningkatkan la - yanan trade kepada nasabah kor porasi, BNI juga fokus me - ngembangkan pasar UMKM berbasis ekspor.

Pemimpin Divisi Inter na sio - nal BNI Eko Setyo Nugroho mengatakan, BNI juga mem be ri - kan pendampingan dan pe la - tihan kepada nasabah eks portir dan importir.

BNI juga memberikan pricing kom pe titif dan layanan transaksi eks por impor yang cepat serta efi sien. BNI memanfaatkan kan tor cabang di luar negeri se ba gai penyedia sumber dana mu rah untuk pembiayaan na sa bah importir dan eksportir di dalam negeri.

hafid fuad