Edisi 15-03-2019
Desainer Indonesia yang Mendunia


TEX SAVERIO adalah desainer yang karya-karyanya sering dipakai selebriti papan atas Hollywood.

Lady Gaga, Jennifer Lawrence, dan Kim Kardashian adalah beberapa nama selebriti yang mengenakan gaun desainer yang terkenal dengan rancangannya yang bergaya glamor dan penuh fantasi. Tex Saverio lahir di Jakarta pada 24 Agustus 1984.

Kesuksesannya sebagai desainer dimulai ketika dia memilih belajar merancang busana di Bunka Fashion School, Jakarta. Dia pun sempat magang di Phalie Studio. Nama Tex Saverio mulai mencuat ketika pada September 2005 memenangi penghargaan nasional Mercedes-Benz Asia Fashion Award .

Penghargaan ini membuatnya dapat bersaing di tingkat regional pada tahun berikutnya. Ketika itu dia menampilkan koleksi-koleksi untuk laki-laki maupun perempuan. Sejak saat itu pula, karya-karya Rio, panggilannya, mulai dikenal di kalangan internasional.

Gaun rancangan Rio memiliki ciri khas, yakni detail yang glamor, dramatis, dan kaya sentuhan seni. Rio pun terkenal dengan rancangan avantgrade yang selalu memberikan sisi unik. Karena dorongan dari kawannya, Rio memperkenalkan diri dan karyanya kepada agen Lady Gaga.

Mendapat sambutan positif, tidak lama kemudian salah satu karyanya, La Glacon, dikenakan Lady Gaga dalam sampul majalah di Harper’s Bazaar pada tahun 2011. Tak hanya untuk majalah Harper’s Bazaar Amerika, foto itu juga ditampilkan di sampul majalah Harper’s Bazaar Indonesia dan Thailand.

Lady Gaga menjadi sosok yang paling berkesan bagi Rio. Hubungannya dengan pihak agen Gaga terbilang cukup dekat. Beberapa kali pihak Gaga juga mengontaknya untuk membicarakan konser dari pelantun Poker Face itu.

“Ini adalah suatu kehormatan. Dia bisa saja memilih desainer mana pun, tapi dia mau percaya ke kami,” ucap Rio saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (8/3). Selain Lady Gaga, Kim Kardashian juga diketahui mengenakan busana rancangan Rio.

Saat itu Kim tampil di pemotretan majalah Elle Amerika Serikat edisi Maret 2013. Istri Kanye West tersebut mengenakan gaun organza dengan detail bordiran. “Mempunyai label yang mendunia adalah impian semua perancang, termasuk saya.

Melihat perkembangan busana di Indonesia yang dinamis, saya ingin membawa nama Indonesia ke pasar internasional,” ujar Rio. Busana Rio juga dipakai dalam film The Hunger Games: Cathcing Fire . Dalam suatu adegan, Jennifer Lawrence mengenakan gaun Rio dengan detail ruffle yang dramatis.

“Yang pasti bangga mereka mau memakai karya kita, maksudnya, Indonesia kan bukan dikenal dengan negara fashion tapi mereka welcome untuk memakai produk dari Indonesia, suatu kebanggaan juga buat kita,” ujar Rio.

Berkat gaunnya yang glamor dan sarat unsur fantasi, Rio dijuluki sebagai “Alexander McQueen of Indonesia”. Alexander McQueen adalah perancang busana pengantin ternama asal Inggris yang bunuh diri pada tahun 2010.

Julukan tersebut pertama kali dilontarkan oleh Perez Hilton, pendiri Bussiness Blogger and Television Personality di Hollywood. Kala itu Perez melihat gaun La Glacon di blognya, cocoperez.com, dia menyebut itu gaun Alexander McQueen dan tak menyangka itu sebenarnya adalah hasil rancangan Rio asal Indonesia.

Rio mengatakan, meski memiliki nama yang sudah besar, para selebriti Hollywood yang bekerja sama dengan Rio ternyata tidak rewel dalam menentukan detail busana. Para selebriti tersebut, kata Rio, sering kali sudah mempercayakan segala sesuatunya kepada desainer yang ditunjuk.

Salah satu kesulitan dan tantangan yang ditempuh Rio adalah jarak serta waktu pengerjaan yang sempit. Menurutnya, para selebriti tersebut memesan pakaian hanya dalam jangka waktu sempit. Padahal, pengiriman barang ke Amerika Serikat membutuhkan waktu hingga beberapa hari.

“Tak jarang, karena kesulitan itu, saya harus menolak tawaran karena waktu yang tidak memungkinkan,” ujar Rio. Kendati gaun rancangannya sering dipakai selebriti papan atas, Rio mengaku belum puas.

Dia masih memimpikan untuk bekerja sama dengan aktris kenamaan, Angelina Jolie. Rio mengatakan sangat ingin melihat Jolie mengenakan koleksinya, khususnya koleksi perhiasan rancangannya yang bertajuk Elemental.

“Jolie adalah sosok perempuan yang matang dan ikonik. Dari lima seri yang ada, seri Fire atau api adalah yang saya rasa paling cocok dengan karakter Jolie,” ujar Rio.

dwi nur ratnaningsih