Edisi 15-03-2019
Kabupaten Blitar, Kampung Wirausaha Online


AKTIVITAS di Desa Gogolatar Kaweron, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, sama seperti di desa lain.

Setiap warga memiliki usaha atau pergi bertani. Anak-anak muda juga gemar berkumpul layaknya pemuda kebanyakan. Bahkan, salah satu rumah warga dijadikan markas mereka. Hanya, keistimewaan Desa Gogolatar Kaweron ialah, meskipun berada di daerah pedesaan yang berjarak satu jam dari Kota Blitar, penduduknya ternyata melek teknologi.

Khususnya ge ne - rasi muda yang memanfaatkan teknologi untuk berpenghasilan melalui perdagangan online . Markas mereka pun bukan hanya di gu - na kan untuk sekadar kumpul, na - mun menjadi wadah bagi komu ni - tas Bukalapak Blitar.

Salah satu marketplace lokal di Indonesia itu mereka pilih untuk menjadi tempat mencari rezeki. Bukan hanya itu, Desa Gogo - latar Kaweron juga didaulat men - jadi Kampung Wirausaha Online yang diresmikan pada Senin (11/3) lalu oleh Wakil Bupati Blitar Mar - hae nis Urib Widodo.

Hadirnya Kam pung Wirausaha Online ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kapasitas diri dan keterampilan warga Blitar me nge - nai bisnis online dan marketplace . Siapa pun yang ingin menambah ilmu dapat langsung datang ke Desa Gogolatar Kaweron.

Para anggota komunitas Bukalapak Blitar siap membantu warga membagikan ilmu. “Dulu sebisa mungkin kuliah supaya jadi PNS untuk bisa berkon - tri busi kepada negara.

Tapi, sekarang tidak hanya menjadi PNS, apa yang dilakukan anak muda di sini dengan berjualan online juga dapat membantu pemerintah menca rikan pekerjaan untuk masyarakat. Hasilnya, pertumbuhan ekonomi warga meningkat,” ujar Marhaenis, saat pembukaan Kampung Wirausaha Online.

Marhaenis juga mengharapkan warga Blitar dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan secara cuma-cuma oleh komunitas ter - sebut. Tidak hanya mengharapkan pekerjaan dari pemerintah daerah. Namun, kini penghasilan bisa didapat dari mana saja melalui usaha online .

Kampung Wirausaha Online digunakan oleh Komunitas Bukalapak dan warga Blitar untuk kegiatan Kelas Ngelapak, workshop , kopdar bulanan, serta pengem - bangan potensi untuk wirausaha perempuan sehingga dapat mendorong sekaligus mendukung penuh warga Blitar yang ingin maju dan menggunakan teknologi dalam berwirausaha online .

Kampung Wirausaha Online juga akan menjadi daerah per contohan bagi pengembangan wira usaha online di daerah yang dibina langsung oleh Komunitas Buka la pak Blitar. “Ada sekitar lebih dari 1.000 warga yang tinggal di kam pung ini yang siap dibina oleh teman-teman dari Komunitas Bukalapak Blitar.

Komunitas Bukalapak di seluruh Indonesia selalu menanamkan nilainilai saling berbagi, bergotongroyong untuk memberikan dampak yang positif bagi masyarakat.” ujar Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak.

Markas komunitas ini dilengkapi beberapa fasilitas penunjang, seperti internet gratis, ruang kerja bersama, ruang foto produk, dan ruang display produk. Fikri menambahkan, Bukalapak sangat mengapresiasi dukungan dari pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mendukung pemerataan penetrasi digital di tengah masyarakat.

Bukalapak pun turut membantu mewujudkan keinginan komunitas karena komunitas Bukalapak Blitar merupakan komunitas paling aktif di Jawa Timur. Mereka juga terpilih menjadi komunitas terbaik saat Liga Komunitas Bukalapak.

“Para anggota aktif mengadakan kegiatan dan semangat menyebarkan ilmu kepada masyarakat. Kami dari pusat sangat bangga terhadap daya juang mereka. Markas dan Kampung Wirausaha Online ini juga ide mereka. Kami hanya membantu mewujudkan dan merayakan ulang tahun Komunitas Bukalapak Blitar ke-2,” ucap Fikri.

ananda nararya