Edisi 16-03-2019
Calon James Bond dari India


DEV PATEL seolah mengalami jackpot saat membintangi Slumdog Millionaire ketika usianya masih 18 tahun.

Dari peran menjadi anak kumuh itu, kariernya terus melambung tinggi. Di tangan dingin sutradara Danny Boyle, Patel sukses memerankan Jamal, seorang anak kumuh yang menjadi pahlawan nasional. Film ini mengantarkan Patel menerima banyak penghargaan.

Di antaranya nominasi Best Supporting Actor at the 2009 Screen Actors Guild (SAG ) Awards dan menang di Screen Actors Guild Award for Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture .

Tak hanya itu, dia memenangi CriticsCritics Choice Award for Best Young Performer, London Critics Circle Film Awards . Dari situlah nama Patel terus melambung. Tawaran main film pun terus berdatangan.

Dia lantas bermain di film Best Exotic Marigold Hotel dan dinominasikan untuk Aktor Terbaik Oscar untuk perannya bersama Nicole Kidman. Pada 2017 lalu Patel masuk dalam daftar 30 Under 30 Entertainment versi Forbes . Saat ini namanya pun disebutsebut masuk dalam daftar pemeran James Bond berikutnya.

Patel disandingkan dengan berbagai nama aktor kawakan lainnya, seperti Idris Elba, Richard Madden, Tom Hiddleston, dan lain-lainnya. Dikutip Express , nama Patel dianggap memiliki profil yang kuat untuk menggeser Daniel Craig.

Mengapa Patel layak menjadi Bond berikutnya? Pertama-tama, Patel lahir di Inggris, tempat film ini berasal. Aktor yang masih berusia cukup muda, yakni akan berusia 29 tahun pada 23 April mendatang ini dinilai memiliki filmografi yang terkenal dan akting yang luar biasa.

Dia bagaikan bunglon di setiap perannya. Dia bisa menjadi anak miskin dan kumuh seperti di Slumdog Millionaire atau peran kutu buku di serial televisi The Newsroom . Lalu, peran-peran lainnya yang selalu memukau.

Dari segi fisik, Patel memiliki segalanya. Dikutip Pajiba , Patel dinilai memiliki fisik yang tak kalah rupawan dari pendahulunya. Tinggi, tubuh berotot, wajah tampan, dan senyum yang menawan. Jadi, dia akan terlihat keren saat mengenakan jas, tak kalah dengan Bond yang ikonik.

Terlebih lagi dengan gaya rambut barunya, Patel sering dijuluki sebagai “James Bond murni”. Namanya juga semakin banyak dicari di mesin pencarian Google . Patel juga dianggap memiliki daya tarik seks atau sex appeal yang tidak kalah dari pemeran Bond sebelumnya.

Nama Patel juga muncul saat IndieWire melakukan survei tentang pengganti Craig untuk bermain menjadi agen 007 berikutnya. Dia dianggap layak memerankan Bond yang akan datang karena piawai beradegan aksi heroik dan bisa menjadi “superhot 007”.

Menurut Toronto Sun , aksi heroik Patel ini bukan tanpa alasan. Dia ternyata memiliki pengalaman seni bela diri yang luas. Dia diketahui pernah berkompetisi di kejuaraan taekwon-do di tingkat internasional. Dia memulai pelatihan di Rayners Lane Academy of Taekwondo pada tahun 2000.

Dia berkompetisi secara teratur di kejuaraan nasional dan internasional, termasuk Kejuaraan Dunia AIMAA (Aksi Seni Bela Diri Internasional) 2004 di Dublin, dan memenangi medali perunggu. Dia juga mengikut kejuaraan dunia pada Oktober 2004 ketika memegang sabuk merah yang bersaing di divisi junior melawan sabuk merah dan hitam lainnya.

Dia berhasil mencapai semifinal dan memenangi medali perunggu. Dia pun kemudian mendapatkan sabuk hitam pada Maret 2006. Sebetulnya kehidupan Patel jauh dari dunia hiburan. Sang ayah, Raj, bekerja sebagai konsultan IT, dan ibunya, Anita, seorang perawat.

Kedua orang tuanya dari Gujarat, India. Mereka berimigrasi ke Inggris pada saat masih remaja dan tidak kenal satu sama lain. Lalu bertemu di London dan menikah. Kemudian lahirlah Patel. Patel diketahui bisa berbicara bahasa Inggris dan bahasa Gujarat.

Patel mengaku “sangat bersemangat” ketika masih anakanak. Akibatnya, dia terbiasa mendapat masalah di sekolah karena energinya. Seiring berjalan waktu, sepertinya Patel tahu di mana harus menyalurkan energi besarnya.

Perkenalan pertamanya di dunia akting terjadi saat berakting di sekolahnya. Kala itu ia berperan sebagai Sir Andrew Aguecheek dalam drama sekolah Twelfth Night . Atas penampilannya, Patel diberi penghargaan Aktor Terbaik untuk penampilannya.

Setelah itu, sepertinya Patel mulai jatuh cinta dengan dunia akting. Saat sekolah di Whitmore High School, dia meraih nilai A untuk Drama GCSE. Kala itu sang guru drama Niamh Wright mengaku terkesima dengan kemampuan Patel memainkan beberapa peran secara imajinatif dan kreatif.

“Dev adalah siswa berbakat yang dengan cepat membuat saya terkesan. Dengan kemampuan bawaannya untuk mengomunikasikan beragam karakter secara imajinatif dan kreatif,” sebutnya.

Kemudian Patel mencoba keberuntungannya dengan membintangi serial Skins dan terus berlanjut hingga beberapa film yang terus “mengharumkan” namanya hingga sekarang. Film terbarunya, Hotel Mumbai , dikabarkan segera dirilis pada tahun ini di Amerika Serikat (AS).

Dia juga bermain di film The Wedding Guest dan Green Knight yang akan memulai syuting bulan depan. Dia juga bermain di film The Personal History of David Copperfield .

susi susanti

Berita Lainnya...