Edisi 25-03-2019
Kampanye Perdana, Jokowi Kenalkan 3 Kartu Sakti


SERANG –Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) memilih Kota Serang, Banten menjadi lokasi perdana pada kampanye terbuka ke marin. Sementara capres nomor urut 02 Prabowo Subianto memilih wilayah Sulawesi dalam kampanye perdananya.

Di Serang, Jokowi hadir didampingi para petinggi partai politik anggota koa lisi, termasuk Ketua Umum DPP Par tai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT). Dalam kampanye di Stadion Maulana Yusuf Serang ini, ribuan orang tum pah ruah ingin bertemu capres yang ber pasangan dengan KH Ma’ruf Amin ter sebut.

Di tempat ini, Jokowi yang merupakan capres incumbent ini menyosialisasikan tiga kartu saktinya yang akan dijalankan jika dirinya terpilih kembali. Tiga kartu sakti tersebut adalah Kartu Pra-Kerja, Kartu Indonesia Pintar hingga jenjang pendidikan kuliah, dan Kartu Sembako Murah.

“Ini adalah program baru kita yang akan kita lak sanakan mulai tahun depan setelah melewati Pilpres 17 April nanti,” kata Jokowi. Di depan para pendukungnya, Jokowi juga mengungkapkan ada empat isu hoaks yang menyerang dirinya dalam empat tahun terakhir.

Dia menyebut empat hoaks itu kini menyebar di media sosial maupun dari rumah ke rumah. Isu hoaks pertama adalah ter kait pelajaran agama. “Ada isu yang menyebut nanti kalau Jokowi dan KH Ma’ruf Amin me nang, pendidikan agama akan dihapus.

Percaya? Tidak percaya? Itu adalah bohong, hoaks!” tegas Jokowi. Kabar hoaks yang kedua adalah terkait larangan azan. “Yang ke dua ada juga isu-isu nanti ka lau Jokowi-Ma’ruf Amin me nang, azan akan dilarang. Bo hong? Bohong!” lanjut pria asal Solo itu.

Daftar hoaks selanjutnya adalah akan dilegalkannya zina dan pernikahan sejenis. Menu rut Jokowi, isu itu adalah hal yang tak mungkin terjadi sela ma dia dan Kiai Ma’ruf yang asli keturunan ulama besar asal Ban ten ini memimpin Indonesia. “Ingat pendam ping saya Kiai Haji Ma’ruf Amin, ketua Majelis Ulama Indonesia.

Tidak mung kin kan. Ini adalah fitnah-fitnah yang ingin menjatuhkan. Cara-cara politik yang tidak beretika. Saudarasaudara harus berani melawan ini, merespons ini,” tu tur Jokowi. Jokowi juga mengajak masyarakat Banten untuk memilihnya pada Pemilu 17 April men datang.

Untuk memudahkan, Jokowi meminta warga agar mencoblos foto yang mengenakan baju putih. “Saya ti - tip, ingat bahwa hari Rabu tanggal 17 April 2019, jangan lupa pilih yang bajunya putih karena putih adalah kita,” ujar Jokowi. Untuk menuju Stadion Maulana Yusuf, Jokowi kemarin menunggangi kereta kuda sendiri.

Kesenian tradisional khas Banten seperti musik rudat, marawis, debus, rampak beduk, dan ke senian daerah lainnya dipertunjukkan selama perjalanan mengawal Jokowi. Ribuan masyarakat antusias dengan berdiri dan meneriaki “Jokowi Menang” dari sisi jalan selama karnaval berlangsung.

Sesekali Jokowi melemparkan kaus kepada masyarakat yang berada di sisi kanan-kiri jalan. Massa yang hadir antara lain dari gabungan relawan, partai politik pengusung, dan simpatisan. Mulai dari jawara, ulama, santri, tokoh masyarakat, dan sebagai nya. Jokowi menargetkan meraup suara sebanyak-banyaknya agar target perolehan suara tercapai.

Melihat pilpres sebelumnya, Jokowi kalah suara dengan Prabowo di Tanah Jawara ini. Namun, kata Jokowi, saat ini ber dasarkan hasil survei internal perolehan suara sudah im bang. Dia menargetkan per oleh an suara secara nasional dapat meraup sebanyak 58-62%.

Perindo Dukung Jokowi

Partai Perindo, salah satu par tai anggota koalisi Jokowi- Ma’ruf Amin, menyatakan komitmennya mendukung capres no mor urut 01. Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) menilai, program Jokowi-Ma’ruf Amin mewujudkan kemajuan Indonesia sega ris dengan cita-cita besar Perindo.

“Saya dari Partai Perindo, kenapa mendukung Pak Jokowi, beliau itu sederhana, jujur, ada ketulus an betul-betul ingin membuat Indonesia maju,” ung kap HT. Dia menjelaskan, pada periode saat ini Jokowi telah melakukan yang terbaik. Contohnya, program dana desa dan pem berdayaan rakyat kecil.

Kemudian, ada pembagian tanah de ngan sasaran bukan kepada pengusaha besar, tetapi rakyat ke cil. Selain itu, ada kartu pintar, kartu sejahtera, dan kartu sehat. “Periode berikutnya ditambah lagi kartu kuliah. Itu penting sekali. Masyarakat kita harus produktif,” tuturnya.

Selanjutnya ada kartu prakerja bagi generasi mu da yang da pat membantu mereka sebelum mendapatkan pekerjaan tetap. Ada pula sem bako mu rah. Program ini penting karena salah satu masalah yang diha dapi masyarakat adalah mahalnya harga sembako.

Perjuangan Partai Perindo juga memajukan Indonesia dan menyejahterakan masyarakat. Perindo bertekad bisa mewu judkan cita-cita para pendiri bangsa, yakni Indonesia yang tidak hanya merdeka, tetapi juga bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. HT menegaskan, Jokowi-Ma’ruf Amin harus menang di Banten, apa lagi provinsi ini me miliki kedekatan historis de ngan Ma’ruf Amin.

HT kemarin dengan ramah menyalami ribuan pendukung yang datang pada kampanye tersebut. Massa begitu antusias bahkan beberapa orang tak mau melepaskan tangan HT saat berada di atas panggung. Bendera Perindo tampak berkibar dengan ukuran besar di tengah ribuan massa yang hadir.

Kepada kader, HT mengatakan Partai Perindo menargetkan minimal tiga sampai empat kursi DPR dari Banten. HT mengatakan Perindo akan terus bersinergi berkampanye militan bersama Jokowi sesuai dengan program Partai Perindo.

HT Dampingi Jokowi Jalan Kaki 3,5 Km

Ada yang menarik di tengah kampanye perdana Jokowi di Serang kemarin. HT tercatat sebagai satu-satunya ketua umum partai yang mampu ber ja lan kaki sejauh 3,5 km saat mendampingi Jokowi berkampanye di Alun-Alun Serang. Konsistensi dan semangat juang HT terlihat ketika dia memilih berjalan kaki dalam iringiringan rombongan Jokowi.

Dia tidak ikut naik kuda atau mobil. Meski begitu, HT tampak semangat dan gembira menyalami warga yang antusias menunggu iring-iringan. Dia bahkan berhenti beberapa kali karena permintaan foto bersama warga.

Selain meneriaki Jokowi, terdengar teriakan, “HT! HT! HT!” dari masyarakat yang su - dah menunggu rombongan lewat. “Nunggu Pak Jokowi, ter - nya ta tadi ada Pak HT juga di belakang. Hebat mau jalan kaki, padahal jauh,” ujar salah satu warga, Sri Wahyuni.

Dia mengaku senang dapat melihat secara langsung yang selama ini hanya bisa dilihat di televisi. “Putih orangnya, tadi juga keliatan keringatan. Merakyat ya sama seperti Pak Jokowi,” tuturnya kagum. Sementara capres nomor urut 2 Prabowo Subianto kemarin berkampanye di Manado, Sulawesi Utara dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Di Lapangan Karebosi Kota Makassar, Prabowo berharap masyarakat memilih dirinya dan wakilnya, Sandiaga Salahuddin Uno pada 17 April nanti. Prabowo mengimbau masyarakat Sulsel supaya menyalurkan hak pilihnya pada 17 April. Pada hari tersebut, menurut Prabowo, menjadi momen ke tika kekuasaan berada di ta ngan ma - syarakat.

Makanya, ma syarakat harus memilih ca lon yang terbaik, bukan salah memilih. Prabowo meya kin kan masyarakat bahwa dirinya ada lah orang yang tepat memimpin Indonesia. Dia juga me nyebut jika dirinya adalah kandidat yang membawa harapan perubah an terhadap seluruh persoalan bangsa dan negara, terutama soal ekonomi.

Mantan Danjen Kopassus itu juga mengklaim sudah memiliki solusi terhadap semua per soalan di Indonesia. “Saya tanya kepada tim, bisa enggak kita turunkan harga listrik. Mereka bilang, bisa. Berapa la ma? Dalam 100 hari peme rin tahan. Saya tanya, bisa tidak kita tu run kan harga sembako? Mere ka bilang, bisa. Tapi, saya tidak akan cerita sekarang, nanti ada yang nyontek,” sebut ketua umum Partai Gerindra ini.

abdul rochim/ abdullah nicolha/ sindonews/okezone