Edisi 26-03-2019
Jokowi Promosikan Program unggulan di Jawa Timur


BANYUWANGI – Calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) melakukan safari politik ke sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim) kemarin.

Kampanye diawali di Kabupaten Banyuwangi, kemudian bergeser ke Kabupaten Jember, dan pada malam harinya di Malang. Selama kampanye terbuka di daerah tersebut, Jokowi memamerkan tiga pro gram andalannya, yakni KIP Kuliah, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Sembako Murah. Selain itu, mantan gubernur DKI Jakarta itu kembali menegaskan pen tingnya pembangunan infra struktur. Pada hari yang sama, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Su - bianto me lanjutkan kegiatan kam panyenya di ka was an timur Indonesia, tepatnya Ka bu paten Merauke, Papua. Kepada ma sya rakat Papua, Prabowo juga menjanjikan akan membangun daerah. Kehadiran Jokowi di Banyuwangi disambut gegap gempita puluhan ribu ma syarakat yang memadati Taman Blambangan Banyuwangi.

Begitu tiba, Jo kowi langsung disambut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, yang kemudian memberikan ikat kepala khas Banyuwangi diiringi dengan suguhan Tari Gandrung. Turut men dam pingi Jokowi, yakni Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Ta noe - soedibjo dan sejumlah pim pinan parpol. Dalam kampanyenya, Jo ko - wi meminta kepada rakyat Banyu wangi untuk tetap menjaga kerukunan. Menurut Jokowi, Indonesia terdiri atas beraneka ragam suku, budaya, bahasa, ser - ta agama. “Saya bersyukur ka re - na wilayah Banyuwangi mampu menjaga harmoni itu,” ujar Jo - kowi. Tak lupa, mantan wali Kota Soloitu juga mengampanyekan program baru andalannya, yaitu KIP Kuliah, Kartu Pra- Ker ja, dan Kartu Sembako Murah.

Dia menuturkan, KIP Kuliah bentuk kelanjutan dari KIP yang sebe lumnya sudah digu lir - kan untuk membantu biaya pen didikan anak SD hingga SMA. “KIP ku liah ini juga untuk sekolah, bu kan hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri,” ucap Jokowi. Adapun Kartu Pra-Kerja akan diberikan kepada lulusan SMA, SMK, akademi, atau perguruan tinggi dan akan menghan tarkan mereka untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan Kartu Pra-Kerja, kata Jokowi, peserta akan diberikan sejumlah pelatihan kerja. “Pelatihan di BUMN, di kementerian-kementerian, di BLK, dan di swasta yang se muanya dibiayai oleh pemerintah,” lanjut Jokowi.

Sedangkan program Kartu Sembako Murah akan memberikan kaum ibu akses memperoleh kebutuhan pokok dengan harga murah. Kehadiran Jokowi di Jember juga mendapatkan sambutan meriah. Tak kurang 30.000 pendukungnya memadati GOR Jem ber. Jokowi pun memanfaat kan kesempatan ini untuk mempromosikan tiga program unggulannya tersebut dan memamerkan sejumlah keberhasil annya seperti pembangunan infrastruktur. Di kabupaten terbesar ke tiga di Jatim itu, Jokowi m e ne gaskan pentingnya pem ba ngun an infrastruktur yang mak simal. Dukungan infra struktur berupa bandara serta der maga di butuh kan untuk mendukung sektor pariwisata, ekonomi kreatif, dan ke ma ri tim an yang akan menambah per cepatan per tumbuhan di wi layah Jember dan Besuki Raya.

“Sudah selayaknya semua po tensi yang ada itu harus ditunjang infrastruktur yang mak simal, baik itu bandara, dermaga, atau jalur trans por tasi lainnya. Semua itu di la ku kan sebagai fondasi persiapan Indonesia agar semakin maju,” ucap Jokowi saat berkampanye di hadapan 30.000 pendu kung nya yang memadati GOR Jem ber. Didampingi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir, calon presiden nomor urut 01 itu mendapat sambutan yang luar biasa meriah. Sambutan luar biasa kembali menyapa Jokowi saat berada di Kota Malang dalam rangka kampanye untuk wilayah Malang Raya. Jokowi yang didam pingi Ketua Tim Kampanye (TKN) Erick Thohir, po li - tikus PDI Perjuangan Pramono Anung, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Pa ra - wansa, dan politikus PDI Perjuangan Ahmad Basarah membuka kampanye akbar tersebut dengan salam satu jiwa Arema.

“Yok opo kabare rek (ba gaimana kabarnya)? Sehat? Salam satu jiwa Arema,” pekik Jokowi di GOR Ken Arok, Kota Malang, kemarin. Dalam kampanye, Jo ko wi mengingatkan untuk memilih pemimpin yang sudah ber pengalaman. Menurutnya, jangan sampai Indonesia dinakhodai oleh sosok yang belum ber pengalaman dalam peme rin tahan, apalagi memimpin suatu pemerintahan bukan perkara mudah. Jokowi mengaku butuh waktu dua tahun untuk masuk ke pemerintahan saat menjadi wali kota Surakarta. “Jangan sampai negara se - besar ini dinakhodai oleh yang belum berpengalaman. Jangan coba-coba karena menyangkut 269 juta penduduk Indonesia. Masa kita mau coba-coba untuk nasib 269 juta penduduk In donesia,” tuturnya.

Jokowi pun menargetkan untuk Malang Raya minimal harus mendapatkan 70% suara. Target ini lebih tinggi dari perolehan suara Jokowi saat Pemilu 2014 lalu, yakni 61%. Dia optimistis target suara tersebut dapat diraih, apalagi jika melihat antusiasme ma sya rakat Malang Raya yang dinilai luar biasa. “Kalau melihat antusias, saya meyakini insyaallah 70% pasti kita peroleh. Antusiasnya kaya gini, kalau 70% nggak dapat kebangetan ,” tuturnya. Ketua TKN Joko Widodo- Ma’ruf Amin, Erick Thohir optimistis pasangan nomor urut 01 juga akan bertemu kelompok milenial untuk berdiskusi dan ngopi bersama dengan mengangkat tema Kisah Inspiratif Jokowi.

“Kisah hidup Pak Jokowi, mulai dari kecil penuh dengan perjuangan, tetapi beliau ada - lah orang yang tekun, baik, dan berbudi, hingga sukses di dunia politik sampai menjadi presiden,” kata Erick. Erick menambahkan, dalam kesempatan itu, publik, kader partai, hingga relawan ber kesempatan untuk bertemu langsung dengan Jokowi untuk mengklarifikasi berita bohong dan saling menguatkan semangat membangun militansi pemilih paslon 01. Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) me nya takan akan menge rahkan seluruh kekuatan untuk me me nangkan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. “Kita kerahkan pengurus di Jawa Timur, semua sayap dan juga caleg-ca leg untuk bekerja m e menang kan Pak Jokowi,” ungkap pria yang akrab disapa HT itu.

Selama mendampingi Jokowi, HT juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Mereka menunjukkan antusias menya bertemu HT dengan menyapa, menyalami, dan meminta berswafoto bersama. Dengan senang, HT yang lahir dan besar di Jatim itu melayani ma - syarakat satu persatu. Dia bahkan tampak mengambilkan gam bar untuk masyarakat yang ingin berswafoto dengannya. Di atas panggung ma sya rakat Banyuwangi juga berebut bersalaman dengannya dari bibir panggung. HT menyalami me reka dengan erat dan hangat. Melihat besarnya dukungan ma syarakat, HT yakin Jokowi dan pasangannya, Ma’ruf Amin,bisa memenangkan per ta ru ngan di Jawa Timur. Apa lagi, di banyak survei Jokowi unggul di bandingkan dengan pesaing nya.

“Saya lihat meningkat, Ja tim ini menunjukkan suatu per kembangan yang sangat luar biasa,” ungkap pria yang telah mem berikan kuliah umum di 200 lebih perguruan tinggi se-Indonesia itu. HT juga turut berbaur dengan pendukung capres nomor urut 01 lainnya yang memadati Ta man Blam ba ngan. Bendera partai berlambang rajawali bah kan berkibar menghiasi kampanye ter buka hari kedua itu. Masih dalam rangkaian kampanye di Jati, HT juga me ne gaskan bahwa semua calon anggota legislatif (caleg) Partai Perindo, mulai dari tingkat kota, kabupaten, provinsi, hingga pusat, akan membela kepentingan rak yat ke cil ketika nanti terpilih.

Hal itu disampaikan saat menghadiri bazar murah yang digelar Kartini Perindo di Lapangan Putro Agung, Rangkah, Kecamat an Tambaksari, Surabaya, kemarin. HT menandaskan, se mua caleg Partai Perindo fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil. Hal inilah yang mendasari Partai Perindo mengusung slogan Untuk Indo nesia Sejahtera. “Kalau caleg Partai Perindo masuk Senayan, pasti akan memper juang kan ekonomi lemah agar sejahtera,” katanya di hadap an ribuan warga. Bazar murah Partai Perindo mendapat sambutan antusiasme warga.

Ribuan warga yang hadir tampak menyemut dan mengantre untuk mendapat ku pon pembelian sembako berupa 2,5 kilogram beras. Beras se berat itu dijual seharga Rp10.000. Bazar murah ini juga turut dihadiri putri HT, yakni Angela Herliani Tanoesoedibjo. Caleg Partai Perindo Daerah Pemilihan (Dapil) I Jatim ini tampak akrab bercengkerama dengan warga yang hadir. “Saya harap kegiatan bazar ini mem - bantu meringankan beban warga dalam membeli bahan pokok,” ucapnya. Setelah menghadiri bazar murah yang digelar Kartini Perindo di Lapangan Putro Agung, Rangkah, Kecamatan Tam baksari, HT melanjutkan ke giatannya dengan blusukan ke Pasar Tradisional Tambah Rejo, Senin (25/3/2019).

Pasar ini berlokasi tidak begitu jauh dari Lapangan Putro Agung. Ketika turun dari mobilnya dan masuk ke dalam pasar, sejumlah pedagang dan masyarakat bersalaman dengan chairman MNC Group tersebut. Banyak pedagang dan masyarakat yang meminta foto bersama. Bahkan ada warga yang me ngan cam tidak akan memilih Perindo jika HT tidak bersedia foto bersama. Keinginan warga foto bersama dipenuhi HT. Ak hir nya masyarakat dengan bu lat men jatuhkan pilihannya pada Partai Perindo. Dia ber janji akan mencoblos Perindo pada 17 April 2019. “Saya akan men coblos Pe - rindo pada 17 April 2019 nanti karena Pak HT (Hary Tanoe) orangnya baik dan peduli pada masyarakat kecil,” terang pria itu seusai berfoto bersama HT.

Prabowo Janji Bangun Indonesia Timur

Prabowo Subianto melanjut kan kegiatan kampanyenya di kawasan timur Indonesia. Di hari kedua ini Prabowo menguju ngi Kabupaten Merauke, Papua. Setibanya di Lapangan Man dala, Prabowo disambut ribuan warga Papua dengan ta rian adat Gatsi dari suku asli Merauke, suku Marind. Prabowo juga disematkan topi adat Himbo dan Bawai atau sejenis rompi adat suku Marind oleh tokoh adat setempat. Selain ucapan te rima kasih, Prabowo juga menjan jikan pada masyarakat Papua akan membangun daerah kawasan Indonesia timur.

“Terima kasih Bapak, Mama- Ma ma semua yang telah me - nyam but saya dan rombongan de ngan baik dan meriah. Ini me - nambah semangat saya untuk berjuang dan membangun wi la - yah timur Indonesia,” ungkap Prabowo membuka pidatonya di Lapangan Mandala, Merau ke, Papua, kemarin. Mantan Komandan Jen de ral Kopassus itu juga m e ne gaskan bahwa Pra bowo-Sandi memiliki slogan “Bergerak dari Timur untuk Menyelamatkan Indonesia”. Me nurutnya, ini merupakan wujud komit men nya bersama Sandiaga Uno dan tim pe me nangnya dalam mem bangun masyarakat men da pat kan ke se jahteraan yang selama ini tidak diper hat ikan oleh pe me rintah.

“Kita Indonesia negara kesatuan, tapi kita sekarang harus memperhatikan daerah-dae rah yang kadang terlupakan oleh pusat, Indonesia timur salah sa - tu nya. Dan, itulah ko mit men kita untuk mem ba ngun dan mem - perhatikan ma sya rakat timur Indonesia,” ucap Prabowo. Menurut ketua umum Partai Gerindra ini, sebagai prajurit, ia sangat memahami kondisi medan di Papua. Dia sudah men jelajah sampai ke gu nung-gu - nung dan perbatasan. Untuk itu, ia akan berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari barat sampai ke timur untuk seluruh rakyat, semua suku, agama, kelompok etnis, dan ras.

Lukman hakim/ abdul rokhim/ dita angga/ kiswondari