Edisi 26-03-2019
Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi Moderator Debat Keempat


JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi sebagai moderator debat keempat Pilpres 2019.

KPU juga menunjuk sejumlah acara sebagai host di rangkaian debat yang akan berlangsung pada Sabtu, 30 Maret 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta. Keputusan itu merupakan hasil musyawarah antara Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 dengan disaksikan KPU dan Bawaslu. “Disepakati bah wa penyelenggaraan debat keempat untuk moderator yaitu Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi,” kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jakarta, kemarin. Tak hanya moderator, untuk debat keempat ini KPU bersama masing-masing tim sukses pasangan calon menyepakati sejum lah host yang akan bertugas di setiap rangkaian debat keempat tersebut.

“Host untuk pro sesi pengundian pada debat ke em - pat, yaitu Wanda Dwi Utari dan Rori Asyari. Host untuk press conference yaitu Aviliani Malik dan Reza Ramadhan syah. Host off air dan wall of fame de bat keempat yakni Prisca Niken dan Wahyu Wiwoho,” ujar Wahyu. Dia menerangkan, kebera da - an para host ini berdasarkan masukan dari TKN dan BPN se - telah mengevaluasi pelak sa na an debat sebelumnya. Debat ke - empat Pilpres 2019 akan kem - bali mempertemukan pasang an capres, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Tema yang akan diangkat dalam debat keempat ini yaitu ideologi, pemerintahan, per ta - han an dan keamanan, serta hu - bungan internasional.

KPU juga telah menetapkan para panelis untuk debat itu. Mereka adalah Direktur Pascasarjana IAIN Sa - la tiga Zakiyuddin dan aka de - misi Fakultas Teologi Uni ver si - tas Sanata Dharma Yogyakarta J Haryatmoko untuk ideologi. Dekan FISIP UGM Erwan Agus Purwanto, akademisi FISIP UI Valina Singka Subekti, dan Sekjen Transparency Inter na t - ional Indonesia Dadang Tri Sa - song ko untuk peme rin tah an. Di rek tur Eksekutif Impar sial Al Araf dan Rektor Uni ver sitas Cen - drawasih Apolo Sa fanpo untuk pertahanan dan keamanan. Pengajar HI FISIP Unair I Basis Eko Soesilo dan Aka de misi FISIP UI Kusnanto Ang go ro untuk hubungan inter na sio nal. Sementara itu, puluhan massa Koalisi Masyarakat Sipil untuk Kesejahteraan Prajurit, Veteran, dan Purnawirawan meng gelar aksi di depan kantor KPU kemarin.

Koalisi ini terdiri dari anak-anak dan keluarga dari prajurit, veteran, dan purnawirawan. Mereka meminta KPU untuk memasukan materi kesejahteraan prajurit, veteran, dan purnawirawan pada debat keempat nanti. “Kami mohon KPU mem - per hatikan perjuangan tak ke - nal lelah yang telah kami lak ukan lebih dari 40 tahun terkait dengan hak atas rumah dan ta - nah yang menjadi korban ke bi - jakan pejabat di lingkungan Ke - menterian Pertahanan RI dan/atau TNI, dengan mem per - tanyakan komitmen penye le - saiannya melalui pertanyaan kepada capres dalam debat ke - empat,“ kata Dodi Sujarwo salah seorang peserta aksi.

Menurut dia, untuk me menuhi kesejahteraan anggota TNI dan Polri dalam hal tempat tinggal. Pemerintah telah mener bitkan beberapa kebijakan, salah satunya membangun pe - rumahan untuk anggota aktif. Namun, masih ada masalah ter - kait tempat tinggal untuk para veteran dan purnawirawan. Padahal, mereka sama-sama ber - jasa dalam membela bangsa. “Kurangnya perhatian peme - rin tah selama ini menyisakan ma salah, seperti klaim pe me - rintah atas tempat tinggal yang mereka tempati selama ini, hing ga terjadi penggusuran me ski memiliki sejarah ke pe - milikan yang sah,” ujar Dodi.

Mula akmal