Edisi 26-03-2019
Apkasindo Siapkan SDM Auditor Sertifikasi ISPO


JAKARTA – Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) ke depan akan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) au ditor Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

Ketua DPP Apkasindo Hasil Mu syawarah Luar Biasa (Munaslub) Gulat Manurung di Pa - ra pat, Sumatera Utara, me - nga ta kan, auditor ISPO ter - sebut sa ngat penting untuk men dam pi ngi petani sawit me nuju per ke bunan sawit ber - kelanjutan. “Un tuk itu, kami akan menginisiasi pening katan SDM semua ketua DPW/ DPD dan pengurus Ap ka sin do untuk meng ikuti pela tih an men jadi auditor ISPO,” kata nya ketika menyampaikan visi-misi setelah dirinya ter pi lih se bagai Ke - tua DPP Ap ka sindo pe riode 2019-2024. Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta dise - but kan, Gulat Manurung terpilih aklamasi dalam sidang pa ripurna pemilihan ketua umum yang dihadiri 17 DPW dari 22 DPW provinsi se-In donesia meng gantikan Ketua DPP Ap kasindo periode 2014- 2019 Ani zar Simanjuntak.

Se lain me nyiap kan SDM auditor ISPO, ujar Gulat Ma - nu rung, pihaknya segera me - nyu sun langkah stra tegis un - tuk meng advokasi para petani kelapa sawit terkait har ga tan - dan buah segar (TBS) dan per - soal an lahan petani yang ter - jebak di dalam kawasan hutan. Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina DPP Apkasindo Bayu Krisnamurthi berpesan pada semua elemen yang ada di Ap ka - sindo untuk terus mem perkuat organisasi tersebut lewat ke - kom pakan yang selalu terjaga se bagai ciri khas Apkasindo se - jak berdiri tahun 2000. “Sebab kata kunci dari ke - ma juan sebuah organisasi adalah kompak. Makanya, saya ka ta kan, siapa pun nanti yang men dapat mandat untuk me mim pin DPP Apkasindo segera laku kan konsolidasi, rangkul se mua,” ujar Bayu saat mem be ri kan arahan pada saat pem bu ka an Munaslub Apkasindo.

Bayu menjelaskan, tidak mu dah menjadi Ketua Umum Ap kasindo karena tugas berat su dah di depan mata, maka sa - tu kan kekuatan dan semangat untuk kesejahteraan petani sawit. Apalagi Pemerintah In - do nesia sangat membutuhkan Apkasindo untuk bersama-sa - ma dengan organisasi kelapa sa wit lainnya melawan RED II Ero pa yang baru-baru ini di - em bus kan oleh Uni Eropa.

Sudarsono