Edisi 26-03-2019
SMF Terbitkan Obligasi Rp2,51 Triliun


JAKARTA – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF telah menerbitkan Obligasi Penawaran Umum Berkelan jutan (PUB) IV tahap VIII Ta hun 2019 senilai Rp2,51 triliun.

Penerbitan obligasi ini meru pa kan bagian dari PUB IV yang di upayakan SMF dalam meng himpun dana dengan target se besar Rp12 triliun. Direktur Utama Sara Mul ti - griya Finance, Ananta Wiyogo mengatakan, dengan rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) ter se but terdiri dari dua seri, yaitu Seri A dengan jumlah pokok se besar Rp522 miliar dengan ting kat bunga tetap sebesar 7,75% dan jangkawaktu370hari sejaktang - gal emisi.

Sementara Seri B se be - sar Rp1,989 triliun dengan ting - kat bunga tetap sebesar 8,45% ber jangka waktu tiga tahun. Menurut Ananta, minat in - vestor untuk berinvestasi pada surat utang SMF cukup tinggi, hal tersebut terlihat dengan adanya kelebihan permintaan (oversubscribe). “Minat investor yang ma - suk pada saat book buil ding untuk obligasi PUB IV ta hap VIII ini melebihi target, yai tu mencapai Rp3 triliun, namun kami sesuaikan dengan kebu - tuh an dana kami saat ini, yaitu se besar Rp2,5 triliun,” kata Ananta Wiyogo dalam Sere monial Pencatatan Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan IV SMF Tahap VIII Tahun 2019 di Jakarta, kemarin.

Dana yang diperoleh dari obli gasi tersebut rencananya akan digunakan untuk mem be - ri kan pinjaman kepada penya - lur kredit pemilikan rumah (KPR) dan refinancing serta da - lam me laksanakan peran SMF sebagai Special Mission Vehicle (SMV). Penerbitan obligasi ini me - ru pakan bentuk komitmen SMF sebagai penyedia likui di - tas jangka menengah panjang bagi KPR. “Penerbitan obligasi SMF ini bertujuan mendukung Program Satu Juta Rumah me - lalui penyaluran pinjaman (re - financing atas KPR). Ini me ru - pa kan bentuk dukungan kami memperluas akses ketersediaan rumah yang layak dan ter - jang kau bagi masyarakat Indo - nesia,” katanya. Sebelumnyatelahditer bit kan PUB IV Tahap VII dengan to tal dana sebesar Rp1,85 tri liun. Ada - pun total dana yang di him pun melalui PUB IV adalah se besar Rp11,9 triliun.

Ke depan rencananya penerbitan obli gasi beri kut - nya perseroan akan mem proses pengajuan Obli gasi PUB V dan Sukuk PUB I dengan to tal target dana yang akan di him pun se - besar Rp21 triliun. “Tar get mem - peroleh efektif dari Oto ritas Ja sa Keuangan (OJK) pa da akhir kuartalII/2019,” katadia. Adapun sejak tahun 2009 hingga saat ini SMF telah me la - ku kan penerbitan surat utang 36 kali dengan total Rp29,6 triliun.

Kunthi fahmar sandy