Edisi 26-03-2019
4G Plus Indosat Jangkau 422 Kabupaten/Kota


JAKARTA - PT Indosat Ooredoo Tbk mengimplementasikan teknologi 4G Plus di seluruh wilayah Indonesia yang menjangkau 422 kota/kabupaten dan 80% populasi masyarakat Indonesia.

Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, Chris Kanter mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen melan jut - kan perluasan jangkauan jaring an 4G dengan menambah se kitar 18.000 BTS 4G serta meningkatkan jumlah BTS yang terhubung dengan jaringan fiber (fiberisasi) menjadi hampir 30%. “4G Plus itu teknologi paling akhir dari generasi 4G, sesudah itu baru masuk 5G. Perbe da an - nya dengan 5G itu hanya lebih cepat sedikit,” ujarnya saat pelun curan 4G Plus Indosat Ooredoo di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, kemarin. Pada peluncuran itu, turut hadir jajaran direksi Indosat Ooredoo di antaranya Chief Technology & Information Officer Indosat Ooredoo Dejan Kastelic serta Direktur Indosat Ooredo Pak Haroon.

Menurut Chris, Indosat Oore doo tidak hanya fokus me - nyasar daerah terluar namun juga meningkatkan kapasitas. “Artinya di tempat-tempat yang sudah mentok atau eksisting, kita tambah kapasitasnya su pa - ya kecepatan datanya tidak ter - ganggu sehingga untuk inter - netan juga makin cepat,” ungkap dia. Indosat Ooredoo, kata Chris, berkomitmen untuk te - rus melanjutkan perluasan jang kauan jaringan 4G pada tahun ini dengan target bisa menjangkau 87% dari populasi masyarakat Indonesia. Komit - men itu didukung dengan komit men belanja modal atau capital expenditure (capex) lebih besar dari tahun-tahun sebe - lum nya, karena untuk tahun 2019 belanja modal peru sa haan sebesar Rp10 triliun.

“Kami bangga mengha dir - kan jaringan 4G Plus yang akan memberikan pengalaman ma - kin kuat internetan bagi ma syara kat di seluruh Indonesia. Pengembangan jaringan ini juga menjadi bagian rencana stra te - gis perusahaan ke depan untuk menghadirkan jaringan ber - kua li tas, video yang kompetitif bagi pelanggan di era ko mu ni - kasi data saat ini,” katanya. Di tempat sama, Group Head Network Strategy, Architecture & Solution Indosat Ooredoo, Kustanto mengatakan, kele bihan 4G Plus terletak pada paket pro duk yang diberikan kepada pelanggan di antaranya paket unlimited. “Misalnya, kita ada un li mited paket sehingga pelang gan masih bisa menikmati layanan meski kuota habis. Jadi, kuota habis, pengguna masih bisa mengakses,” ujarnya.

Dia menambahkan, implement asi 4G Plus juga harus di - tunjang oleh penggunanya me - la lui perangkat smartphone terupdate. “Biarpun Indosat sup - port 4G Plus, kalau smartphone nggak support ya buat apa. Yang jelas kelebihan kita ada pada unlimited , yang berbeda dengan operator lain,” katanya. Menandai hadirnya 4G Plus di seluruh jaringan Indosat Oore doo melalui merek IM3 dengan kampanye terbaru, yaitu 4G Plus Kuat-Sekarang Internet an Makin Kuat. Dengan 4G Plus Kuat, pelanggan bisa makin kuat berinternet.

Ichsan amin