Edisi 26-03-2019
PLN Jaring Talenta Muda di Perguruan Tinggi


JAKARTA - PT PLN (Persero) mengadakan kerja sama Pro gram Pendidikan D4 Ikatan Dinas untuk menjaring talenta dengan empat perguruan tinggi Indonesia, yakni Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (UNDIP), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

Penan datang anan kerja sama program pendidikan D4 Ikatan Dinas PLN tersebut dilakukan di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pe - langgan Yogyakarta, kemarin. Dalam acara penan da tang - an an tersebut, hadir EVP Talent Development PLN Karyawan Aji, Dekan Sekolah Vokasi Uni - ver sitas Diponegoro Budiono, Di rektur POLBAN Rachmad Imbang Tritjahjono Direktur PNUP Muhammad Anshar, serta Wakil Direktur Bidang Ker jasama dan Informasi PENS Edi Satriyanto. “Menjadi kebanggaan bagi PLN karena untuk pertama kalinya PLN mempunyai kerja sama D4 Ikatan Dinas dengan perguruan tinggi untuk mem - bu ka Program D4 Ikatan Dinas PLN,” kata EVP Talent Deve lop - ment PLN Karyawan Aji dalam rilisnya, kemarin.

Menurutnya, program ini diharapkan menjadi konsep link and match (keterkaitan dan ke - se padanan), yaitu konsep ke - ter kaitan antara lembaga pen - didikan dengan dunia kerja. De - ngan adanya keterkaitan ini, maka pendidikan sebagai pe - ma sok tenaga kerja bisa meng - ada kan hubungan-hubungan dengan dunia usaha/industri khususnya PLN. Program D4 Ikatan Dinas PLN adalah program kerja sama pendidikan D4 yang dibuka khusus oleh perguruan tinggi untuk PLN, karena mahasiswa D4 Ikatan Dinas yang telah lulus seluruh tahapan seleksi akan mulai kuliah dari semester awal. Mahasiswa yang telah lulus akan diangkat sebagai pegawai PLN jika memenuhi seluruh per syaratan yang ditentukan dalam kontrak.

Selama pen di - dikan, mahasiswa diberi kesem - pat an melaksanakan prak ti - kum dan magang di unit PLN. Direktur POLBAN Rachmad Imbang mengatakan, program ini sudah dipersiapkan sebaikbaiknya oleh PLN dan poli tek - nik sebagai salah satu langkah strategis menyinergikan antara dunia pendidikan dan industri. Rachmad menyampaikan apr esiasi atas kerja sama antara dunia industri dan pendidikan vokasi yang dilakukan antara PLN dengan empat perguruan tinggi tersebut. PLN meru pa - kan BUMN pertama yang meng hargai sarjana terapan, semoga bisa diikuti instansi dan industri lain.

“Sangat diharapkan kerja sama ini akan berkelanjutan sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi negeri ini,” kata dia.

Nanang wijayanto