Edisi 11-04-2019
Arti Penting Kona bagi Hyundai


KONAakan jadi ikon baru Hyundai, setelah Tucson dan Santa Fe. Tahun ini pabrikan asal Korea Selatan itu semakin fokus di segmen SUV. Sepintas, tampilannya sangat menjanjikan. Tapi, sanggupkah Kona menarik perhatian pasar Indonesia?

Penjualan global Hyundai selama 2018 memang tidak begitu menjanjikan. Lebih banyak stagnan di pasar utama mereka seperti Amerika, Korea Selatan, dan China. Di Indonesia, tahun lalu mereka memang tumbuh. Tapi, angkanya pun masih kecil. Dari 1.271 unit pada 2017, menjadi 1.450-an unit pada 2018. Tahun ini Hyundai menar get - kan pertumbuhan penjualan ke angka 1.800-an unit. Modalnya compact SUV Hyundai Kona. Uniknya sekitar 30% penjualan Hyundai di Indonesia disumbang oleh MPV premium Hyundai H-1. Tapi, yang mereka bawa ke Indonesia justru segmen SUV. Kenapa? Ada dua alasan. Pertama, strategi Hyundai ke depannya memang berfokus pada segmen SUV.

“Kita ingin berfokus di segmen SUV,” ujar Direktur Deputi Pemasaran PT HMI Hendrik Wiradjaja pada acara Sneak Preview Hyundai Kona pada Minggu lalu (1/4). Alasan kedua, Kona me - mang banyak peminat. Mobil ini mendapatkan pujian di ber - bagai negara. Bahkan, sejak per tengahan 2018 Hyundai me rilis Kona EV yang ber - tenaga listrik.

Mengenal Kona

Sebagai sebuah crossover, desain Kona sangat indah. Ukuran grill depannya masif. Menegaskan dua hal: kesan sporty dan kemewahan. Kona merangkum keduanya dengan pas. Bahkan, jika dihitung ada lima “grill” di bagian depan. Lalu kental dengan garis-garis tajam. Desainnya memang sangat berbeda. Tapi, kesimpulannya mungkin sama, yakni sporty , elegan, dan sangat catchy. Mobil ini mengusung platform yang benar-benar baru. Panjang 4.165 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.550 mm. Jarak sumbu rodanya 2.600 mm. Lampu LED di atas menyipit, tapi masih cukup lebar. Melengkapi lampu halogen reflektor yang terlihat modern.

Di buritan pahatan lampu belakangnya juga asyik sekali. Berkelas. Tak heran mobil ini mendapatkan banyak penghargaan di desainnya, seperti iF Design Award, Red Dot Design Award 2018 , hingga Crossover of The Year 2019 . Jika dibandingkan dengan SUV sekelas, jelas Hyundai Kona akan menonjol. Mobil ini adalah tipe SUV yang me nye - nang kan untuk dilihat berlama-lama.

Harga dan Positioning

Hyundai Mobil Indonesia (HMI) memang belum mengumumkan harga dan fitur resmi Hyundai Kona. “Nanti kami beberkan secara lengkap di Telkomsel IIMS 2019. Yang jelas, harga - nya sangat kom - petitif dibandingkan pesaing di segmennya,” ujar Hendrik. Sebagai SUV entry level Hyundai, posisi Kona berada di bawah Hyundai Santa Fe yang dibanderol Rp515 juta- Rp629 juta dan Tucson yang Rp391 juta-Rp467 juta. Crossover tersebut hanya akan dipasarkan dalam satu varian. Mengacu pada laman resmi Samsat Jakarta, nilai jual Hyundai Kona tertera Rp218 juta. Artinya, kemungkinan besar harga on the road SUV lima kursi itu Rp280 juta sampai Rp350 jutaan.

Sebab, unitnya di datangkan langsung dari Korea Selatan. HMI berupaya meramu harga yang kompetitif, membawa spesifikasi yang paling pas. Sebab, Kona memiliki beberapa tipe jantung pacu, yakni berkapasitas 2.0- liter MPI Akitson (148 PS), mesin Gamma 1.6 liter turbocharged (176 PS), dan mesin 3-silinder 1.0 liter turbocharged (119,6 PS). Jika melihat cara Hyundai meramu Santa Fe dan Tucson, jelas Kona harus memiliki sisi unggul. Ke - mung kinan besar yang didatangkan adalah mesin berkubikasi 2.000 cc. Tenaga tersebut ditransfer melalui transmisi enam percepatan otomatis ke penggerak roda depan. Ceruk pasar ini tidak sebesar low MPV. Meski sangat segmented , pasarnya tetap ada.

Secara harga, kemungkinan besar Kona akan berkompetisi dengan Mitsubishi Outlander Sport (Rp330 juta-Rp375 juta), Honda HR-V 1.8 Prestige (Rp400 juta), dan Mazda CX3 (Rp398,8 -Rp446,8 juta). Dari sisi angka penjualan, kehadiran Kona mungkin tidak akan berdampak besar pada pasar SUV secara keseluruhan. Tapi, bagi Hyundai, Kona jadi ikon baru pabrikan automotif nomor satu Negeri Gingseng itu di Indonesia. Inilah produk SUV pertama mereka yang akan mengincar konsumen lebih luas, sekaligus menegaskan fokus mereka ke segmen SUV.

Danang arradian