Edisi 15-04-2019
KPU Tegaskan Persiapan Pemilu Sudah 90%


JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan persiapan Pemilu 2019 sudah mencapai 90%. Persiapan tersebut sudah hampir sempurna baik dari segi logistik dan tek - nis pelaksanaan.

“Hampir semua provinsi sudah mengi rimkan logistik nya dari kecamatan untuk diteruskan ke desa, ke mudian dari desa diteruskan ke TPS,” ungkap Komisioner KPU Il ham Saputra di Jakarta kemarin. Menurut dia, untuk wila yah dengan kondisi geografis yang sulit, KPU sudah me ngirimkan logistik pemilu menggunakan helikopter di antaranya di Ma lu - ku Utara, Sulawesi Barat, dan Papua. “Pokoknya yang secara geo grafis sulit dijangkau, sudah kami kirimkan pakai heli kop - ter. Selanjutnya dikirim ke ke ca - matan-kecamatan,” pa par nya. Ilham juga mengatakan, da - ri sisi penyelenggaraan, KPU juga telah memberikan bim - bingan teknis kepada ke lom pok penyelenggara pe mungut an suara (KPPS) dan pa nitia pemilihan kecamatan (PPK).

Komisioner KPU Viryan Azis juga memastikan proses per - siapan pemungutan suara di Pe - milu 2019 sudah hampir ram - pung. “Kesiapan kami per ta ma mengenai logistik ham pir ram - pung, sudah 98%,” tan dasnya. KPU menargetkan logistik Pemilu 2019 sudah sampai di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Indo - nesia yang berjumlah 809.000 paling lambat satu hari sebelum pencoblosan. “Persiapan untuk sumber daya manusia panitia pemungutan suara jug a hampir tuntas. Bim bing - an teknis kepada panitia dan pembentukan KPPS sedang diselesaikan,” ungkapnya. Begitupun dengan pe mu ta - khiran DPT juga sudah tun tas dilaksanakan. Pembaruan DPT karena pemilih pindah lo - kasi TPS juga telah selesai di - lakukan.

“Dapat kami sam pai - kan, kesiapan KPU untuk Pe - milu 2019 di angka 98%,” pa - par nya. Viryan juga mengakui per siap an Pemilu 2019 sempat ter ganggu oleh sejumlah ma - sa lah, termasuk kasus pen ye - baran hoaks yang semakin marak di masa kampanye. Untuk menjaga kon du - sivitas dalam Pemilu 2019, Kepolisian Resor Metro po - litan Bekasi Kota bakal mem - berikan tindakan tegas hingga melumpuhkan pihak-pihak yang berupaya menginti mi - dasi pemilih hingga me nim - bulkan keributan. Kapolres Metropolitan Be - kasi Kota Kombes Pol Indarto mengatakan, pihaknya tidak segan menindak oknum mas - ya rakat yang berupaya meng - intimidasi pemilih hingga me - nimbulkan keributan. “Se be - lum ditindak, akan terlebih da - hulu melakukan pendekatan persuasif,” katanya.

Masyarakat, lanjutnya, ti - dak boleh mengintimidasi mau pun dihalangi dalam meng gunakan hak pilihnya. Selain dilindungi oleh undangundang, mencoblos saat pe - milu merupakan hak warga ne - gara terutama bagi mas ya ra - kat yang sudah berusia di atas 17 tahun. “Tidak boleh meng - halangi, mengintimidasi, bah - kan memobilisasi orang untuk golput (golongan putih). Kalau sampai terjadi, itu sudah ranah pidana,” ujarnya. Karena itu, dia mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kon du - sivitas lingkungan saat ajang pemilu nanti. Dia meminta agar masyarakat yang memi liki hak pilih untuk ikut men coblos.

Saat ini ada tiga strategi yang dilakukan kepolisian untuk menekan kejahatan dan me - wu judkan wilayah yang kondu sif, yakni, preemtif, pre ventif, dan represif.

Mula akmal/ abdullah m surjaya