Edisi 15-04-2019
Masa Tenang, Jokowi Umrah, Prabowo Ziarah


JAKARTA –Masa tenang Pemilu 2019 dimanfaatkan oleh dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dengan berbagai kegiatan.

Capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), memilih meng gunakan masa tenang dengan beribadah umrah bersama keluarga. Beda dengan itu, capres nomorurut02, PrabowoSu bianto, memanfaatkan waktu de ngan berziarah. Sebelum menjalankan umrah Jokowi sempat bertemu Ra ja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Jokowi yang didampingi Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Bandara In ternasional King Khalid, Riyadh, Arab Saudi, kemarin pukul 08.50 waktu setempat. Di bandara tersebut Jokowi dan Ibu Iriana disambut Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh dan Gubernur Riyadh Pangeran Faisal bin Bandar Al-Saud, serta Menteri Perdagangan dan Investasi Majid bin Abdullah Al-Qasabi.

Pada pukul 13.50 Jokowi tiba di Istana Pribadi Raja (Al- Qasr Al-Khas). Kedatangannya di sambut langsung oleh Raja Salman di halaman depan istana. Keduanya sempat ber bincang sebentar di ruang tunggu utama. “Saya merasa ber bahagia sekali karena hari ini di undang Sri Baginda Raja ke Istana ini,” kata Jokowi. Hal serupa diungkapkan Ra ja Salman. Dia merasa senang Jokowi dapat berkunjung ke istana nya. “Saya juga senang Presiden Jokowi bisa me menuhi undangan saya,” ucap Raja Salman. Setelah berbincang se ben - tar di ruang utama, Jokowi ke - mu dian dijamu santap siang oleh Raja Salman. Menu yang disuguhkan Raja Salman ada - lah makanan khas Timur Te - ngah.

Antara lain sup harira, da ging iga sapi, nasi mandhi de - ngan ayam, dan sejumlah ma - kanan penutup serta manisan khas Arab Saudi. Setelah bertemu Raja Sal - man, Jokowi bertemu Putra Mah kota, Muhammad bin Sal - man. Malam harinya Jokowi ba ru bertolak ke Jeddah dan me lanjutkan perjalanan me - nu ju Mekkah untuk menu nai - kan ibadah umrah. Sementara itu, cawapres no - mor urut 01, KH Ma’ruf Amin, memilih memanfaatkan waktu masa tenang dengan meng gelar doa bersama di ke diamannya di Jalan Situbondo 12, Menteng, Jakarta Pusat, ke marin sore. Doa bersama itu dihadiri se jum - lah selebritas, pengusaha, dan tokoh masyarakat.

Ada Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Rafathar, pengusaha seka - li gus menantu KH Ma’ruf, Rap - sel Ali, pengusaha se ka ligus po li - tikus Partai NasDem Ahmad Syahroni. Mereka ikut menyi - mak kajian KH Ma’ruf yang menjelaskan bagaimana mem - bentuk keluarga har monis serta menjaga bangsa dan negara ini. Prabowo Subianto kemarin terlihat mengunjungi makam ayahandanya, Soemitro Djo johadikusumo, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bi vak, Ja - karta Selatan. Mengenakan kemeja putih bercelana hi tam, Pra - bowo terlihat khu syuk ber doa di pusara makam ayahnya. Direktur Luar Negeri Badan Pe menangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Irawan Ronodi pu ro, mengatakan, apa yang di lakukan oleh Prabowo me ru - pa kan aktivitas rutin yang kerap dilakukan untuk berziarah ke makam orang tuanya.

“Kegiat an ziarah ini memang rutin di lakukan oleh Pak Prabowo untuk memanjatkan doa bagi almarhum orang tuanya dan ini ada lah tradisi yang kerap di la - ku kannya,” ungkap Irawan. Seperti Jokowi, cawapres no mor urut 02, Sandiaga Sa la - hud din Uno, berumrah untuk meng isi kegiatan sebelum hari pen coblosan di Pemilu 2019 nanti. Sandiaga ditemani ke ra - bat-kerabat terdekatnya. Irawan mengatakan, se benar nya umrah yang dilakukan oleh Sandiaga memang telah di - rencanakan sebelumnya.

“Untuk Pak Sandiaga Uno, be liau me la kukan ibadah umrah di Tanah Suci, Mekkah. Di sana Pak Sandiaga memohon kepada Allah SWT agar bangsa In do nesia se lalu dijaga dan dilin du ngi serta di jauhkan dari per pecahan. Bang sa Indonesia selalu bersa tu mem bangun negara,” ungkapnya.

Dita angga