Edisi 15-04-2019
Pembangunan Politeknik Terus Dipacu


BIMA –Pemerintah terus membangun politeknik di segala penjuru Tanah Air. Ke ber adaan perguruan tinggi ini pen ting guna menunjang kualitas SDM.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir m e - ngatakan, Kabupaten Bima akan segera memiliki politeknik ne - geri. Hal itu diungkapkan Men - ristekdikti saat meninjau Vokasi Bima Universitas Ma ta ram. “Po - liteknik harus dibangun di tem - pat yang memiliki po tensi su m - ber daya alam untuk per kem - bangan sumber daya ma nu sia (SDM) dan mendorong perekonomian daerah itu,” katanya da - lam siaran pers nya kemarin. Mantan rektor Universitas Diponegoro ini menjelaskan bahwa Vokasi Bima Universitas Mataram akan menjadi embrio kelahiran Politeknik Negeri Bima. Hal ini sejalan dengan ke - bijakan Kemenristekdikti yang salah satu fokusnya adalah pen - didikan vokasi dan po li teknik yang akan menjadi mo tor peng - hasil sumber daya manusia (SDM) terampil.

Guru besar bidang akun - tansi Undip ini melanjutkan, Ka bupaten Bima memiliki po - tensi kekayaan alam yang besar salah satunya tambang ikan dan pertanian. Menteri Nasir ber - ha rap politeknik yang akan di - dirikan di Kabupaten Bima da - pat mengangkat potensi daerah tersebut. Pada kesempatan ini Men - ristekdikti kembali mengingatkan saat ini negara yang maju bu kan ditentukan oleh jumlah sum ber daya alam ataupun jum - lah penduduk, namun pe ngua - sa an teknologi dan inovasi. Ka - rena itu, pemerataan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia merupakan salah satu program prioritas pemerintah untuk menghasilkan SDM unggul dan berdaya saing tinggi, tidak ha - nya di perkotaan atau Pulau Jawa, namun juga di seluruh daerah di Indonesia.

Sementara itu, Bupati Ka bupaten Bima Indah Dhamayanti Putri menyampaikan kepada Menristekdikti bahwa Vokasi Unram yang berada di Ka bu pa - ten Bima merupakan cikal bakal dan cita-cita kita bersama untuk mewujudkan menjadi suatu politeknik. “Izinkan semangat kami, semangat generasi yang ada di Kabupaten Bima secara utuh dan mewakili beberapa ka bu - paten/kota yang berdekatan dengan wilayah kami, semoga dengan segala keterbatasan dan kekurangan kami akan ter wu - jud politeknik yang ada di Kabupaten Bima,” kata Indah.

Neneng zubaidah