Edisi 15-04-2019
Pemerintahan di Pengasingan Karena Konflik Politik


Karena berbagai alasan (sering kali perang), berbagai partai politik atau pemerintah terpaksa diasingkan di luar negara mereka.

Kelompok-kelompok ini biasanya tidak memiliki kekuatan, tetapi dipandang sebagai kelompok oposan terhadap rezim yang tengah berkuasa. Berikut 10 daftar pemerintahan dalam pengasingan.

1. CENTRAL TIBETAN ADMINISTRATION (CTA)
Tibet adalah wilayah di bawah administrasi Republik Rakyat China, sebuah situasi yang dianggap oleh Administrasi Tibet Pusat sebagai pelanggaran hukum. Pemerintah Tibet di pengasingan dipimpin oleh Tenzin Gyatso, Dalai Lama ke-14. CTA mengklaim yurisdiksi atas wilayah-wilayah yang disebut sebagai "Tibet Bersejarah. Kebijakan saat ini mendukung otonomi daripada kemerdekaan total. CTA berbasis di Dharamsala, India, tempat Dalai Lama pertama kali menetap setelah pendudukan militer China di Tibet pada 1959.

2. MONARCHY OF IRAN
Monarchy of Iran (Monarki Iran) modern didirikan pada 1501 dan dipimpin oleh Shahanshah, setara dengan seorang kaisar. Dalam sejarahnya, Iran diperintah oleh monarki absolut. Shah yang berkuasa terakhir, Mohammed Reza Pahlavi, digulingkan oleh Revolusi Islam 1979 dan dikirim ke pengasingan. Setelah kematiannya, mahkota Shah diserahkan kepada putra sulungnya Reza Pahlavi. Dia tinggal di Potomac, Maryland, AS.

3. CHECHEN REPUBLIC OF ICHKERIA
Chechnya adalah provinsi yang memisahkan diri di Kaukasus Utara dan merupakan situs dua perang yang menghancurkan antara separatis Chechnya dan Federasi Rusia. Ketika Rusia menyerbu Grozny pada 2000, pemerintah Chechnya diasingkan ke berbagai negara Arab, AS, dan Polandia. Pada 2007, Presiden Ichka Dokka Umarov menyatakan dirinya sebagai "emir" dari Imarah Kaukasus yang lebih besar, meskipun ini telah ditolak oleh pasukan pro-republik dan anggota-anggota pemerintahan Chechnya sebelumnya.

4. REPUBLIC OF SERBIAN KRAJINA
Republic of Serbian Krajina (RSK) dibentuk selama perang saudara Yugoslavia tahun 1990-an tetapi dipulihkan pada 2005. Krajina Serbia sebelumnya adalah negara Serbia yang memproklamirkan diri di Kroasia, meskipun kemudian dikuasai oleh pasukan Kroasia. Baru-baru ini, mantan legislator RSK sekali lagi mendorong otonomi yang lebih besar (meskipun bukan kemerdekaan) dari pemerintah Kroasia. Pemerintah pengasingan RSK bermarkas di Beograd

5. PROGRESS PARTY OF EQUATORIAL GUINEA
PPGE (sebagaimana disingkat dalam bahasa Spanyol) didirikan sebagai partai pro-pasar, pro-demokrasi di Guinea Ekuatorial di Afrika Barat, setelah periode panjang otoriterisme militer yang represif. Situasi politik yang bergejolak di Guinea Ekuatorial menyebabkan pelecehan dan pemenjaraan anggota partai. Sebagai tanggapan, partai itu memproklamirkan "pemerintah di pengasingan" di Madrid Spanyol.

6. THE CROWN COUNCIL OF ETHIOPIA
Badan pimpinan ini pernah bertindak sebagai dewan penasihat untuk kaisar-kaisar Ethiopia yang berkuasa. Ketika monarki diusir pada 1975, anggota Dewan Mahkota (termasuk keturunan Haile Selassie) mengklaim bahwa kaisar masih ada dan dengan demikian satu-satunya kepala negara yang sah. Pemimpin saat ini adalah Pangeran Ermias Sahle Selassie dan berbasis di Washington, DC.

7. CABINDA REPUBLIC
Cabinda adalah sebuah wilayah di Afrika tengah barat antara Angola dan Republik Demokratik Kongo. Klaim Cabinda akan kemerdekaan dari Angola kembali ke zamannya sebagai protektorat Portugis. Ketika Angola mencapai kemerdekaan pada 1960-an, pemerintah Cabinda yang diasingkan juga mendeklarasikan kemerdekaan, meskipun tidak diakui. Pemerintahnya saat ini berbasis di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo

8. BELARUSIAN NATIONAL REPUBLIC (BNR)
BNR diciptakan sebagai negara penyangga pro-Jerman melawan Rusia revolusioner pada 1918. BNR tidak pernah menjadi negara nyata karena tidak memiliki konstitusi, tidak memiliki militer dan tidak mempunyai wilayah. Ketika pasukan Jerman menarik diri dari Belarus, wilayah itu dengan cepat diserbu oleh Tentara Merah, dan dewan sementara BNR pergi ke pengasingan untuk memfasilitasi gerakan anti-komunis di sana. Pemerintahannya masih ada, meskipun tidak diakui dan diasingkan di Toronto Kanada.

9. NCBUG
NCGUB ((National Coalition Government of the Union of Burma/Pemerintah Koalisi Nasional Uni Burma) dibentuk pada 1995 di sebuah konvensi di Bommersvik, Swedia. Di antara tujuan pendiriannya adalah dukungan dari pemenang Nobel yang dipenjara, Daw Aung San Suu Kyi dan pembentukan serikat multi-partai yang demokratis melalui pembicaraan dengan junta militer pimpinan Jenderal Than Shwe. Anggota dipilih ke parlemen tetapi tidak diizinkan oleh junta untuk menjabat. NCBUG berbasis di Rockville, Maryland, AS

10. MONARCHY OF LAO
Monarki Lao asal-usulnya berasal dari Kerajaan Laos yang dibentuk pada 1946. Pada 1975, monarki dibubarkan oleh rezim komunis Laos dan dikirim ke pengasingan. Ia tetap menentang Republik Demokratik Rakyat Laos, dan tujuan yang dinyatakannya adalah "untuk melembagakan demokrasi sejati di Laos, yang akan menjamin kebebasan, keadilan, perdamaian, dan kemakmuran bagi semua orang Laos. Kantor pusat pemerintahan Monarki Lao terletak di AS.