Edisi 15-04-2019
RI-Oman Perkuat Kerja Sama Bilateral


JAKARTA – Indonesia dan Oman gelar pertemuan membahas penanggulangan terorisme. Dua negara juga menyepakati pertukaran in formasi program deradikalisasi.

Dalam pertemuan pada Jumat (12/4) itu, Indonesia diwakili Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius dan de le - gasi Oman diwakili Head of Counter Terrorism Committee (Ke tua Komite Pe nang gu lan - gan Terorisme Oman) Letjen Hamed bin Nasser Al Nabhani yang didampingi Duta Besar Kesultanan Oman di Indonesia Sayyied Nazar al-Said. Suhardi mengatakan, per - temuan dengan delegasi Oman ini sangat penting guna mem - bangun keamanan regional dan internasional. Apalagi, Ko mite Penanggulangan Terorisme Oman tersebut merupakan salah satu lembaga penting saat terbentuknya forum internasional penanggulangan terorisme.

“Terorisme adalah ancaman global. Akan tetapi, se tiap negara memiliki akar ma salah berbeda sehingga kita ha rus saling berbagi baik secara re - gional maupun global untuk menggali informasi terkait isu terorisme di masing-masing negara,” ungkap Suhardi. Terkait isu terorisme di Oman, kata Suhardi, selama ini telah memiliki banyak pe nga - laman terutama dalam hal kon - traterorisme. Tentu hal itu da - pat dijadikan sebagai acuan da - lammeningkatkanprogrampe - nanggulangan terorisme yang dilakukan oleh BNPT. “Di Oman sendiri sudah ba - nyak hal-hal yang menjadi urus - an dan masalah kontraterorisme. Bahkan, Oman men jadi ne - gara yang dituju untuk re ha - bilitasi dari mantan-man tan te - roris yang ada di Guan tanamo. Tentunya itu adalah sebuah hal yang luar biasa,” jelasnya.

Dia pun mengatakan, pe na - nganan terorisme di Indonesia ten tunya bukanlah suatu hal yang mudah. BNPT sebagai leading sector dalam penanggulangan terorisme di Indonesia berharap, dengan adanya per - temuan ini, BNPT dapat lebih berkreasi lagi untuk mem be - rantas terorisme. “Kami akan selalu bertukar informasi, apa yang sudah di - ker jakan di Indonesia dan apa yang dikerjakan oleh Oman. Di masa depan kami akan men co - ba untuk lebih ber kreasi dalam rangka pemberantasan dan penanggulangan terorisme,“ te - gas Suhardi. Sementara itu, Dubes Say - yied Nazar berharap pertemuaninimenjadikerjasamajang ka panjang dengan Indo nesia dan bisa terus berlanjut. “Kami ingin bertukar ide dan kerja sama an - tara Kesultanan Oman dan Ne - gara Kesatuan Republik In do - nesia tentang isu-isu glo bal dan untuk meningkatkan kerja sama antara Oman dan In do - nesia.

Semoga kerja sama itu bi - sa terus ber lanjut,” ung kapnya. Sayyied mengatakan, da - lam pertemuan itu dia juga sem pat mendapatkan pen je - lasan dari Kepala BNPT me - ngenai telah disahkannya Un - dang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pem be - rantasan Terorisme yang telah diakui oleh beberapa negara lain sebagai UU yang terl eng - kap dalam penanganan te ro - risme. Karena UU yang baru ter sebut telah mencakup Kon - traRadikalisasi, Deradikalisasi, dan Kesiapsiagaan Na sional.

Binti mufarida