Edisi 15-04-2019
Alat Peraga Kampanye Harus Dicopot


JAKARTA– Berakhirnya kampanye dan memasuki massa tenang, alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di pinggir jalan harus dicopot.

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, sejak berakhirnya kampanye pada Sabtu (13/4), ribuan petugas Satpol PP lang - sung bergerak di lima wilayah DKI Jakarta. Misalnya jalan-jalan yang sebelumnya dipenuhi APK se - perti Kemanggisan, Tanah Abang, Cikini, hingga Ma tra - man sudah dibersihkan. Meski demikian, tak semua jalan bersih. Beberapa lokasi di jalan lingkungan pun masih terlihat dipenuhi APK. Karena itu, pe - nertiban akan berlangsung ke - sinambungan. “Sejak tadi ma - lam kami bergerak. Lima wi la - yah kami sisir dengan anggota menurunkan semua APK,” ka - ta Arifin kemarin. Arifin tak menampik, mes - ki empat jam bekerja sejak pu - kul 00.01 hingga 04.00 WIB, banyak APK yang masih ter - pasang. Karena itu, perintah untuk menertibkan akan terus dilakukan, kegiatan akan terus dilakukan hingga ke tingkat kelurahan.

“Selanjutnya kami juga akan menertibkan hingga ke tingkat kelurahan. Dengan mengajak serta Bawaslu dan Panwaslu hingga tingkat ke lu - rahan,” ucapnya. Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau pada Sab tu (13/4) malam juga me - mim pin langsung penertiban APK. Sebanyak 456 petugas ga bungan bergerak menyisir lebih dari ratusan APK se pan - jang jalanan Jakarta Utara. Syamsuddin mengatakan, ke - giat an dilakukan demi me - ngem balikan Jakarta yang se - belumnya dipenuhi APK men - jadi kembali bersih dan rapi. “Saya kira regulasi sudah jelas. Hari tenang tidak boleh ada satu APK apa pun. Apabila ada yang masih memasang, maka itu pelanggaran yang harus di tin dak secepatnya,” tutupnya.

Di Bekasi ribuan APK yang ter pasang di pinggir jalan su - dah dibersihkan. Ribuan pe tu - gas gabungan melakukan pem - bersihan atau penurunan APK berbagai ukuran serentak di 12 kecamatan se-Kota Be kasi. “Ri - buan personel diterjunkan de - ngan bantuan pihak kepolisian dan TNI maupun Linmas un - tuk membersihkan APK,” ujar Sekretaris Satpol PP Kota Be - kasi Lindon kemarin. Komisioner Bawaslu Kota Bekasi Ali Mahyail berharap APK ini telah bersih pada Ra - bu, 17 April 2019. APK yang di - turunkan atau dibersihkan itu mulai dari Jalan Protokol, Ja - lan lingkungan, kantor partai atau pemenangan caleg. ”Se - mua harus dibersihkan, ke - cuali di ruang privat dalam ka - mar atau rumah,” katanya.

Ali juga mengajak agar ma - sya rakat maupun para partai pe - serta pemilu turut mem ban tu membersihkan APK ter se but. Saat ini, kata dia, jumlah alat pe - raga yang dicopot atau tu runkan pada masa tenang mencapai ra - tusan ribu. ”APK di Bekasi bisa men capai ratusan ribu. Angka ini dua kali lipat jumlahnya dari pada 2014,” tegasnya. Petugas gabungan juga men - datangi seluruh jalan di De pok mulai dari jalan pro to kol hingga permukiman. Me reka men co - pot atau menu run kan APK yang masih ter pasang. Kepala Sa tuan Polisi Pa mong Praja (Sat - polPP) Kota Depok Lienda Rat - nanurdiany mengatakan, pe - ner tiban di la ku kan sesuai de - ng an aturan KPU.

Kegiatan ini berlangsung di seluruh wilayah di an ta ra nya di jalan utama seperti Mar gonda, Juanda, Tole Iskandar, Raya Sawangan, Arif Rahman Hakim, Raya Bogor, hingga pelosok. Dia menjelaskan, pe ner - tiban ini juga berkaitan de ng - an Peraturan Daerah Keter tib - an Umum. Pihaknya m ener - tib kan spanduk, baliho, hing - ga poster yang berkaitan deng - an kampanye calon anggota legislatif maupun calon pre - siden atau capres. “Jum lah APK yang kami tert ib kan cukup banyak. Nah, ini se mua kita amankan di kan - tor,” ungkapnya.

R ratna purnama/ yan yusuf/ abdullah m surjaya