Edisi 15-04-2019
Sinergi BUMN Jadi Kunci Pembangunan


SEMARANG –Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 13 April 2019 tepat berusia 21 tahun. Dalam perayaan HUT tersebut, diharapkan sinergi yang dilakukan terus dilaksanakan dan diwujudkan agar BUMN bisa lebih cepat lagi menjadi roda pembangunan paling terdepan.

“Ultah ke-21 BUMN kali ini ma k nanya adalah keber sa maan nya terwujud, sinerginya ter wujud, prestasinya ter wujud. Semuanya berkat ada keber samaan dan sinergi se hingga bisa berprestasi,” ujar Ketua Umum Himbara Maryono seusai menemani Menteri BUMN Rini Soemarno me motong tumpeng setinggi 4,13 meter di Marina Convention Cen ter, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/4). Sementara itu, Menteri Rini optimistis kinerja BUMN akan lebih baik. Hal ini didukung kekuatan sinergi yang semakin jelas. “Kami on the track untuk mewujudkan holding di BUMN agar organisasi lebih ram ping dan menjalankan bisnis lebih cepat dalam mengejar hasil usaha maksimal se hingga akhirnya kita kembalikan kepada masyarakat,” ujar Rini.

Menurut Rini, keuntungan BUMN pada akhir 2018 sudah di atas Rp200 triliun. “Pada 2019, kami harapkan ke un tung an BUMN total di atas Rp210 triliun. Jadi ini wak tunya kami berbagi ke seluruh ke luarga BUMN atau kepada masyarakat,” katanya. Berdasarkan data Ke menterian BUMN, aset dari ke se lu ruh an BUMN dalam empat tahun terakhir atau sejak 2015 hingga 2018 tumbuh rata-rata 12%. Tahun 2018, aset BUMN men capai Rp8.092 triliun naik sebesar 12% dibandingkan tahun 2017. “Peningkatan aset tersebut didukung pe ning katan laba dan manajemen perusa haan teruji menghadapi tan tangan perkembangan ekono mi yang ada,” kata Rini.

Rini menjelaskan peningkat an aset juga mendukung kon tribusi BUMN terhadap pe ne rimaan negara untuk men dukung pembangunan. Ta hun 2018, kontribusi BUMN ter hadap penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Ne gara (APBN) men - capai Rp422 tri liun, baik dalam bentuk di viden, pajak, mau - pun peneri maan negara bukan pa jak. Angka tersebut lebih ting gi atau naik sekitar 19% di - ban dingkan tahun 2017 men - ca pai Rp354 triliun. Begitu pun kon tribusi BUMN terhadap pe nerimaan negara terus tum - buh. Dalam empat tahun ter ak - hir rata-rata sebesar 11,68%.

Pecahkan Rekor MURI

Dalam rangkaian puncak peringatan HUT ke-21 BUMN di Semarang, Jawa Tengah, disiapkan tumpeng khusus ber - bentuk stupa. Tumpeng itu ber hasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia In donesia). Rekor yang ber - hasil diraih adalah rekor ma - kan nasi kuning lebih dari 5.800 orang bersama dan re - kor prestasi Nusantara, yaitu tumpeng berbentuk miniatur Borobudur memiliki lebar se - ki tar 6x6 meter dan tinggi 4,13 meter serta tak kalah penting pemecahan rekor MURI untuk “Transaksi QR code ter banyak”, yakni 50.000 transaksi se lama 5 jam.

Pemotongan tumpeng di laku kan Menteri BUMN Rini Soe marno disaksikan oleh le - bih dari 45.000 pegawai di lingkungan BUMN. Tumpeng ini menjadi saksi sejarah dalam perayaan HUT ke-21 BUMN di Kota Semarang tercatat dalam rekor MURI sebagai tumpeng tertinggi. Tingginya puncak tum peng merupakan sim bo - lisasi dari kinerja BUMN yang terus menanjak. “Dalam banyak waktu dan ke sempatan BUMN sudah ba - nyak melakukan kegiatan un - tuk bagaimana lebih men de kat - kan BUMN dengan masyara kat di seluruh Indonesia. Ter utama melalui kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilakukan secara sinergi bersama BUMN di daerah. Se moga apa yang ka - mi lakukan bisa lebih mengakrab kan dan menghangatkan hu bungan BUMN dengan ma - syarakat sehing ga BUMN dapat se lalu ha dir untuk negeri dan memberi manfaat untuk ma - sya rakat,” kata Rini.

Sementara itu, sosialisasi alat bayar digital hasil kerja sa - ma 8 BUMN dalam LinkAja, se jumlah promosi juga diberikan ke masyarakat umum yang meng gunakan LinkAja, se per ti cashback untuk pembelian ma kanan, minuman, pem be li an voucher listrik, dan lainnya da ri mitra-mitra BUMN mau pun swasta. Saat ini sekitar 75.000 merchant yang bekerja sama dengan LinkAja dengan se jumlah promosi menarik.

“Ekosistem BUMN akan me ningkatkan frekuensi dari transaksi LinkAja ke depan sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat dan tentu BUMN itu sendiri. Kita akan mulai memobilisasi ba gaimana uang beredar dalam transaksi digital itu dimulai dengan LinkAja dari ling kungan pegawai BUMN dan pegawai sehingga ke depan kita ingin dan berharap ba - gaimana uang berputar itu nan ti akan tetap di dalam nege ri,” kata Rini.

Rakhmat baihaqi